Usai normalisasi, Ciliwung akan jadi obyek wisata

Rabu, 25 Mei 2016 | 15:14 WIB Sumber: Kompas.com
Usai normalisasi, Ciliwung akan jadi obyek wisata


Jakarta. Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menyatakan penataan dan normalisasi Sungai Ciliwung bisa mengubah aliran air itu menjadi lokasi obyek wisata.

"Kami ingin nanti kalau normalisasinya udah selesai itu yang sudah seperti digarisbawahi Pak Gubernur, nanti kami bisa tingkatkan jadi obyek wisata, edukasi, dan agro wisata," kata Bambang, saat dijumpai usai acara peresmian Kampung Condet Lestari di Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu (25/5/2016).

Pihaknya akan bersinergi dengan masyarakat, khususnya dengan LSM untuk mempertahankan lingkungan tersebut. Seperti yang dilakukan Kampung Condet Lestari yang menggunakan lahan DKI sebagai kebun salak, tanaman khas Condet dan tanaman lain.

Namun, diakuinya untuk memperluas atau membebaskan lahan pinggiran Ciliwung untuk ditata, sekarang ini kondisinya sudah sulit. Oleh karenanya, pihaknya berupaya mempertahankan pelestarian semacam ini. "Yang sudah ada kita pertahankan," ujar Bambang.

Selain jadi obyek wisata, lanjut Bambang, Ciliwung bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di pinggirannya. "Bisa jadi kuliner, kan nanti kalau malam Minggu dari pada pergi ke Singapur, Malaysia mending di sini aja kan," ujar Bambang.

(Robertus Belarminus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru