2 pesawat Grup Lion batal terbang di Malang

Senin, 21 Agustus 2017 | 22:03 WIB Sumber: Kompas.com
2 pesawat Grup Lion batal terbang di Malang


PENERBANGAN - Dua pesawat milik dua maskapai penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang batal terbang,  Senin (21/8). Akibatnya sekitar 150 penumpang terlantar di bandara tersebut.

Dua pesawat yang gagal mengudara itu adalah milik Wings Air dan Batik Air yang merupakan Grup Lion Air.

"Katanya mau dialihkan ke Surabaya (Bandara Juanda). Tapi tidak diperjelas busnya jam berapa, penerbangan jam berapa dan bandaranya (Abdulrachman Saleh) sudah malam, tutup," kata salah satu penumpang Wings Air, Permata Ariani.

Kepala UPTD Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Suharno mengatakan, batalnya penerbangan dua maskapai itu disebabkan oleh masalah teknis. Namun Suharno tidak menjelaskan permasalahannya karena merupakan kewenangan pihak maskapai.

"Itu masalah teknis. Info dari airlines, rencana digeser ke Bandara Juanda Surabaya," katanya saat dihubungi Kompas.com.

Ia menyebutkan, terdapat sekitar 150 penumpang dari dua maskapai penerbangan yang gagal terbang itu. Mestinya, Batik Air dengan tujuan Malang - Makassar take off sebelum pukul 15.00 WIB dan Wings Air take off sekitar pukul 16.30 WIB.

Suharno memastikan bahwa masalah teknis yang berujung pada batalnya penerbangan itu dialami oleh maskapai. Bukan dialami oleh bandara.

"Bandara tidak ada masalah. Memang kalau faktor teknis menyangkut keselamatan penerbangan," katanya.

Pihaknya mengaku terus memonitor pemindahan penumpang dari Bandara Abdulrachman Saleh ke Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo yang dilakukan oleh pihak maskapai.

"Kami monitor. Mudah - mudahan sudah diangkut ya," katanya.

Sampai berita Kompas.com diturunkan pukul 20:56 WIB, belum ada konfirmasi dan penjelasan dari dua maskapai penerbangan itu. (Andi Hartik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru