Ahok beberkan penyebab jalan protokol banjir

Senin, 09 Februari 2015 | 14:30 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok beberkan penyebab jalan protokol banjir

ILUSTRASI. Golden Energy Mines (GEMS) berniat menebar dividen interim Rp 846,93 per saham dengan yield 11,22%.


JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama membeberkan beberapa penyebab mengapa hujan deras kali ini mengakibatkan banjir merendam jalan protokol ibu Kota.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Jalan Abdul Muis dan Jalan Kebon Sirih (samping Gedung Bank Indonesia) terendam banjir hingga 50-70 cm.

"Ini karena hujan lebat, robnya tinggi sampai 210 cm dan kapasitas pompa kami enggak cukup, makanya banjir sampai Abdul Muis," kata Basuki, di Balai Kota, Senin (9/2). Ia mengklaim tidak ada permasalahan drainase (saluran air).

Hanya saja kapasitas pompa tidak cukup dan banyak pompa terendam banjir. Saat Minggu (8/2) malam, banyak pompa yang terus-terusan bekerja dan panas. Sehingga pompa itu tidak lagi kuat memompa serta menekan air.

Hal itulah, menurut Basuki, yang menyebabkan jalan protokol terendam banjir. Lebih lanjut, ia telah menginstruksikan Dinas Tata Air untuk memperbaiki pompa yang ada.

"Tetapi intinya rob mesti diberesikan sama di Jakarta Utara mesti dipasang pompa besar. Sekarang posisi kita kan di bawah muka laut, jadi enggak mungkin, kalau hujan, air enggak bisa dipompa terus air rob masuk ke tanggul dan tanggulnya jadi meluap," kata Basuki.

Solusinya saat ini, ia mengaku masih menunggu air rob turun agar banjir tidak lagi merendam Jakarta. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru