Ahok resmi luncurkan kartu Jakarta One

Kamis, 02 Juni 2016 | 16:50 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok resmi luncurkan kartu Jakarta One


JAKARTA. Kartu Jakarta One resmi diluncurkan. Peluncurannya dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo dalam acara Festival Smart Money Smart City di Golf Driving Range di Senayan, Jakarta, Kamis (2/6). 

Kartu Jakarta One adalah kartu multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari untuk sistem pembayaran saat naik angkutan umum hingga penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil menengah. 

"Kalau PKL menyetorkan uangnya ke bank, kami bisa tahu penghasilan dia, arus kas dia. Sehingga kami bisa dengan mudah menyalurkan kredit usaha rakyat," kata Ahok.

"Sekarang kami kesulitan menyalurkan karena tidak kenal siapa mereka, perilakunya. Tapi kalau udah ada kartu Jakarta One, kami bisa dengan udah memberikan pinjaman usaha," sambungnya. 

Menurut Ahok, kartu Jakarta One berbasis para kartu "JakCard" milik Bank DKI, yang kini digunakan untuk Kartu Jakarta Pintar dan pembayaran sewa rumah susun. 

"Platformnya JakCard, tapi sekarang oleh BI kartu Jakarta One dibuka untuk semua bank. Nanti kartu Jakarta One bisa juga untuk e-KTP. Jadi semua (data) bisa disimpan," ujar Ahok. 

Berbarengan dengan peluncuran kartu Jakarta One, dilakukan pula peluncuran aplikasi Pangan Jakarta. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store untuk ponsel berbasis Android dan App Store untuk ponsel berbasis IOS. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru