Ahok target subsidi transportasi Rp 5 T dari ERP

Kamis, 22 Desember 2016 | 17:29 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok target subsidi transportasi Rp 5 T dari ERP


JAKARTA. Calon Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menargetkan pemasukan dari penerapan electronic road pricing (ERP) mampu memberikan subsidi transportasi umum di Jakarta hingga Rp 5 triliun.

ERP merupakan sistem jalan berbayar yang rencananya akan diterapkan Pemprov DKI. Sistem ini diharapkan bisa mengurai kemacetan.

"Kalau kita mau subsidi, harus ada sumber uangnya. Tugas kita kan mengadministrasi keadilan sosial sebetulnya. Jadi kalau ERP bisa dapat Rp 4 triliun-Rp 5 triliun, kenapa enggak kita subsidi ke transportasi semua?" ujar Ahok di Rumah Lembang, Kamis (22/12).

Ahok mengatakan, saat ini subsidi transportasi berupa penggratisan biaya masih terbatas, yakni untuk beberapa kelompok warga saja, seperti pekerja bergaji setara upah minumum provinsi (UMP), lansia, pegawai honorer pemerintah daerah, dan pelajar.

Ke depan, Ahok berharap transportasi bisa dinikmati gratis bagi semua golongan masyarakat. "Tergantung ERP sama parkir mesin yang kita pasang. Memang arahnya itu, mau ke gratis. Sekarang mulai gratis terbatas," tuturnya.

Ahok tak ingin subsidi transportasi ini memakan porsi besar di APBD dan mengabaikan pembangunan lainnya. Oleh karena itu, ia berharap ERP mampu menyumbang penghasilan besar yang dapat dialihkan ke transportasi umum.

Adapun rencana untuk menerapkan ERP sudah muncul sejak 2013. Namun, sampai saat ini, kebijakan itu tak kunjung diterapkan. Prosesnya saat ini masih tahap lelang. Sudah ada dua perusahaan yang menguji coba teknologi ERP di Jalan Sudirman dan Jalan HR Rasuna Said. (Nibras Nada Nailufar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru