Alasan Sudirman Said jadi ketua tim sinkronisasi

Kamis, 11 Mei 2017 | 14:14 WIB   Reporter: kompas.com
Alasan Sudirman Said jadi ketua tim sinkronisasi


JAKARTA. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, angkat bicara soal penunjukannya sebagai ketua tim sinkronisasi Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Tim sinkronisasi merupakan satu dari tiga tim yang akan membantu Anies-Sandi sebelum resmi menjabat di DKI Jakarta, Oktober 2017 mendatang.

Sudirman mengaku tawaran itu disampaikan secara langsung oleh Anies dan Sandiaga. Ia menyebutkan alasan menerima tawaran tersebut. 

Sudirman menilai membantu Anies-Sandiaga dalam menyiapkan pemerintahan yang baru merupakan sebuah tantangan untuknya.

"Sejak dulu saya tidak pernah menolak tugas melayani masyarakat. Membantu Gubernur dan Wagub terpilih menyiapkan pelaksanaan tugas merupakan tantangan baru, sekaligus suatu kehormatan," katanya, Kamis (11/5).

Menurut Sudirman, tim sinkronisasi merupakan pekerjaan teknis untuk menjaga agar program-program Anies-Sandiaga dapat diintegrasikan dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2019 dan RPJMD 2017-2022.

"Tapi dalam mendorong proses sinkronisasi, siapa tahu bisa menjadi jembatan dari berbagai pihak yang 'terpaksa' harus berbeda pandangan karena proses politik kemarin," ujarnya.

"Saatnya semua potensi dikonsolidasikan kembali demi kemaslahatan seluruh warga," ujarnya.

Selain Sudirman Said, ada tujuh orang lainnya merupakan kumpulan praktisi, akademisi, dan juga mantan birokrat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang masuk ke dalam tim sinkronisasi.

Mereka adalah Edriana Noerdin, Eko Prasojo, Fadjar Pandjaitan, Rikrik Rizkiyana, Marco Kusumawijaya, Mohammad Hanief Arie Setianto, dan Untoro Hariadi.

(David Oliver Purba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru