Ancaman flu burung, DKI akan sweeping unggas

Senin, 21 Maret 2016 | 16:11 WIB Sumber: Kompas.com
Ancaman flu burung, DKI akan sweeping unggas


Jakarta. Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta memastikan untuk menyita semua unggas yang merupakan hewan peliharaan masyarakat di permukiman yang ada di seluruh wilayah Jakarta. Hal itu sebagai tindak lanjut dari temuan puluhan unggas positif flu burung di Cilandak Barat, Jakarta Selatan, pada Minggu (20/3/2016).

"Kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait, sweeping terhadap masyarakat yang masih memelihara unggas di permukiman. Unggasnya kami ambil dan tidak ada ganti rugi," kata Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta Darjamuni, Senin (21/3/2016).

Kebijakan menyita unggas peliharaan di permukiman disebut sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian, Pemeliharaan, dan Peredaran Unggas. Unggas yang disita nantinya akan diperiksa lebih lanjut. Jika didapati ada yang positif flu burung, maka akan dimusnahkan.

"Untuk kejadian seperti ini, dulu, ada yang minta ganti rugi segala macam. Tadi ditegaskan Pak Gubernur, tidak ada ganti rugi, tolong ditertibkan. Kami akan tertibkan unggas di tempat penampungan dan pemotongan juga," tutur Darjamuni.

Darjamuni menjelaskan, tidak ada sanksi apa pun bagi pemilik unggas di permukiman. Dia juga meminta agar masyarakat bisa segera melapor kalau ada kasus mencurigakan yang terkait dengan peredaran atau ciri-ciri flu burung.

Sebelumnya, di Cilandak Barat, ada 20 unggas yang dinyatakan positif mengidap virus flu burung. Awalnya, unggas-unggas yang terdiri dari 10 ekor entok dan 10 ekor ayam itu diketahui mati secara mendadak.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta Sri Hartati, Jakarta termasuk daerah endemik flu burung sehingga wajar jika kasus seperti itu terus berulang. Namun, bukan berarti masyarakat diminta tidak mengonsumsi unggas.

"Jangan jadi takut sama ayam, enggak. Karena itu semua kan tergantung juga bagaimana cara hidup yang higienis," ujar Sri.

(Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru