Anies klaim tak kampanye di Rusun Rawa Bebek

Selasa, 21 Februari 2017 | 20:44 WIB Sumber: Kompas.com
Anies klaim tak kampanye di Rusun Rawa Bebek


JAKARTA. Calon gubernur DKI Anies Baswedan mengunjungi Rusun Rawa Bebek, di Cakung, Jakarta Timur. Pada kesempatan itu, Anies sempat menyampaikan beberapa programnya jika menjadi gubernur, seperti KJP Plus dan rencana membiayai warga Jakarta agar bisa memiliki rumah dengan DP 0%.

Hal itu disampaikan Anies saat mengadakan dialog dengan warga Rusun Rawa Bebek khusus keluarga yang ditempati eks warga Bukit Duri dan di Rusun Rawa Bebek khusus lajang eks warga Pasar Ikan.

Setelah selesai kunjungannya, awak media mengonfirmasi apakah penyampaian program-programnya termasuk kampanye. Namun, Anies menepis hal tersebut. Ia menyebut, hendak mengklarifikasi karena ada pertanyaan warga rusun bahwa jika gubernur DKI berganti maka KJP ditiadakan.

"Saya sampaikan klarifikasi karena kabarnya akan dihentikan. Mereka tanya, saya jawab," kata Anies, Selasa (21/2) malam.

Kemudian, awak media kembali bertanya soal program rumah untuk rakyat dengan DP 0% yang ia sampaikan kepada warga. Namun, Anies tidak menjawab pertanyaan ini. Ia justru mengatakan, "Kalau saya ngajak milih, nah itu baru kampanye," kata Anies.

Namun, Anies sempat menyinggung ke warga rusun apakah ingin gubernur Jakarta berganti. Anies menjelaskan itu hanya pertanyaannya ke warga. "Boleh kan tanya, kalau tanya kan boleh aja," klaimnya.

Anies lalu menjelaskan yang termasuk kampanye ada empat kriteria. Misalnya membawa atribut atau mengajak memilih. "Kalau tidak ada salah satunya bukan kampanye. Misalnya salah satunya bawa atribut, mengajak, saya enggak semuanya," ucapnya.

Saat Anies selesai dialog dengan warga, terpantau sejumlah orangĀ  membagi-bagikan kalender tahun 2017 bergambar Anies dan Sandiaga Uno. Pada kalender itu terdapat tulisan "Rapatkan Barisan Mendukung yang Haq dan Meluruskan yang Batil".

Di bawahnya ada foto Anies dengan sejumlah tokoh ulama. Paling bawah ada foto Anies-Sandi dengan tulisan "coblos nomor 3" dan "Santun Berpengalaman Amanah". Kalender itu cukup banyak diberikan kepada puluhan warga. Beberapa warga juga diberikan stiker tempel pasangan Anies-Sandi.

(Robertus Belarminus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru