Anies Baswedan anggap pendatang baru Jakarta sebagai masalah

Jumat, 22 Juni 2018 | 13:57 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Anies Baswedan anggap pendatang baru Jakarta sebagai masalah

ILUSTRASI. GUBERNUR TINJAU PENYEGELAN PULAU REKLAMASI


DKI JAKARTA - JAKARTA. Urbanisasi menjadi masalah tersendiri untuk Jakarta.Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai melakukan upacara HUT DKI ke 491 di Lapangan Silang Monas Selatan Jakarta, Jumat (22/6).

"Dalam 491 tahun ini tantangan kita masih tetap searah dan menurut saya Jakarta tantangannya harus selalu ada. Kalau Jakarta tidak ada masalah lagi berarti harapan kita sudah tidak lebih tinggi lagi," kata Anies.

Menanggapi masalah urbanisasi yang umumnya terjadi setiap usai Lebaran, menurutnya adalah masalah yang harus diselesaikan. Ini terkait dengan kemampuan para urban untuk bersaing dalam bertahan hidup di Jakarta.

"Masalah itu adalah selisih antara harapan dan kenyataan. Semakin kita meninggikan harapan maka semakin banyak kita punya masalah. Jadi kami berharap terus-menerus kita meninggikan harapan," katanya.

Sebelumnya Anies berharap agar para kaum urban dapat membekali diri dengan berbagai kemampuan dan jaminan kesehatan. Hal ini guna mengantisipasi masalah ketimpangan yang terjadi jika kaum urban tidak dapat beradaptasi.

Meski demikian, masalah urbanisasi yang ada di Jakarta akan menjadi tantangan tersendiri untuk diselesaikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bahkan Anies memohon partisipasi warga dalam membantu pemerintah menyelesaikan masalah.

"Dengan begitu Jakarta akan selalu punya tantangan untuk diselesaikan. Dan kemajuan itu adalah perubahan yang terus—menerus. Jadi tantangan kita akan terus ada dan kita berharap warga bahu membahu untuk menyelesaikan masalah.

Termasuk misalnya masalah kebersihan, masalah air, masalah kesempatan kerja, itu semua bisa diselesaikan bersama sama." tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru