Anies ingin Monas seperti Central Park New York

Rabu, 03 Januari 2018 | 17:07 WIB Sumber: Kompas.com
Anies ingin Monas seperti Central Park New York


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, nantinya kawasan Monas diharapkan memiliki konsep seperti taman-taman yang berada di luar negeri yang tak hanya bermanfaat dari segi keindahannya saja.

"Mungkin kalau lihat di luar (konsepnya) seperti Central Park (New York) atau Hyde Park," ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/1).

Sandi menyebut, di kawasan tersebut taman tak hanya dinikmati dari segi keindahannya saja, tetapi juga digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan.

Sandi melanjutkan, saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah menyusun konsep penataan Monas agar dapat mengakomodir kegiatan-kegiatan masyarakat, salah satunya olah raga.

"Di mana masyarakat bisa menikmati rumput-rumput itu sebagai tempat mereka yoga, pilates atau aerobik. Tentunya dipastikan juga keasrian tempat itu sendiri," kata dia.

Menurutnya konsep ini disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Meski demikian, Pemprov DKI Jakarta akan tetap memastikan rumput dan tanaman di kawasan tersebut tidak menjadi rusak akibat kegiatan warga.

Sebelumnya Anies tak mempermasalahkan rumput di kawasan Monas rusak akibat terinjak-injak warga. Menurut dia, rumput yang rusak tersebut bisa diperbaiki kembali. Dia akan memerintahkan instansi terkait untuk memperbaiki rumput tersebut.

"Kita tanamin lagi, cepet (tumbuh) kok kalau rumput. Kita tempatkan jangan sebagai garden (kebun), tapi sebagai park (taman). Kalau garden itu enggak boleh kena (injak), kalau park itu tempat bermain, tempat orang berkegiatan, itu namanya park," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (1/1).

Anies menginginkan kawasan hijau bisa dimanfaatkan warga untuk berkegiatan. Atas dasar itu, dia tak mempermasalahkan rusaknya rumput karena bisa diperbaiki lagi.

"Kita selama ini menempatkan ini semua sebagai garden. Orang enggak boleh terlibat, kalau saya nanti jadikan tempat hijau sebagai tempat kegiatan. Ini bukan kristal yang enggak bisa diperbaiki, rumput itu sesuatu yang ditanam (bisa) hidup lagi, jadi event sebesar ini kalau ada yang rusak kita tanam lagi," kata Anies. (Sherly Puspita)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Anies-Sandi Ingin Konsep Monas seperti Central Park di New York

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru