Antisipasi rob saat gerhana, wilayah Pluit siagakan pompa air

Rabu, 31 Januari 2018 | 14:01 WIB Sumber: Kompas.com
Antisipasi rob saat gerhana, wilayah Pluit siagakan pompa air

ILUSTRASI. Gerhana bulan total


SUPERMOON - JAKARTA. Fenomena supermoon di wilayah Indonesia membuat beberapa daerah di Jakarta Utara mempersiapkan diri untuk menghadapi banjir rob. Supermoon biasanya diikuti dampak sejumlah wilayah pesisir akan teredam gelombang tinggi air laut.

Lurah Pluit Yoel Sibarani, Rabu (31/1), mengemukakan, pihaknya terus memantau kondisi di wilayahnya yang kerap terkena banjir rob. Salah satunya dengan persiapan pompa air.

"Biasa, kami siapkan pompa saja. Pompanya ada dua, ada yang 8 inci dan 10 inci. Sama tim pengelolaan air bersih (PAB)," kata Yoel.

Selain persiapan di atas, Yoel menambahkan kehadiran petugas PPSU dan juga Satpol PP yang siap diterjunkan jika terjadi rob.

Menurut Yoel fenomena supermoon kali ini lebih ke peristiwa astronomi. Peristiwa rob biasanya akan lebih parah terjadi pada Februari saat kondisi cuaca lebih memungkinkan untuk terjadi rob.

Wilayah Blok Empang, Muara Angke, kerap terkena banjir rob. November dan Desember lalu, wilayah itu juga terkena banjir rob. Giarto (61 tahun), warga blok Empang, Muara Angke, Kelurahan Pluit, mengatakan, sejauh ini di tempatnya belum ada banjir rob. Menurut dia, saat ini peristiwa rob tidak bisa diperkirakan seperti beberapa tahun lalu.

"Sekarang tidak menentu. Dulu bulan 10 pasti sudah kelihatan (banjir rob). Sekarang masih aman-aman," kata Giarto. (Setyo Adi)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Antisipasi Rob Saat "Supermoon", Wilayah Pluit Siagakan Pompa Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru