Atasi banjir Kampung Pulo, pompa air akan ditambah

Kamis, 16 Februari 2017 | 12:46 WIB Sumber: Kompas.com
Atasi banjir Kampung Pulo, pompa air akan ditambah


JAKARTA. Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan menjelaskan, kawasan yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung di Jakarta mendapat limpasan air dari daerah hulu.

Teguh mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa Bendung Katulampa di Bogor, Jawa Barat, berada pada posisi siaga II pada Rabu (15/2/2017) pukul 21.00. "(Limpasan air) sampai di Jakarta jam 2 pagi. Ada limpasan air di SMA Negeri 8, sekitar 40 cm," kata Teguh, kepada wartawan, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, RW 1, 2, dan 3 di Kampung Pulo juga terendam banjir. Teguh menjanjikan dalam jangka waktu 2 jam, air mulai surut. Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menempatkan 5 pompa air di kawasan Kampung Pulo.

"Di sana ada pompa stationer 5 unit, mungkin akan ditambah lagi. Di sana masalahnya kesadaran warga soal (buang) sampah (ke kali) juga," kata Teguh.

Terkait status siaga II Bendung Katulampa, wilayah yang termasuk DAS Ciliwung telah diminta untuk waspada terkait kemungkinan terendam banjir. Wilayah yang diminta untuk waspada adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

(Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru