Ayo jalan-jalan, Transjakarta & KRL gratis

Kamis, 17 Agustus 2017 | 07:41 WIB Sumber: Kompas.com
Ayo jalan-jalan, Transjakarta & KRL gratis


COMMUTER LINE - Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, masyarakat Jakarta bisa menggunakan moda transportasi umum secara gratis.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat telah mengumumkan, operasional bus Transjakarta digratiskan khusus hari ini. "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, besok seluruh layanan transjakarta gratis bagi siapa pun yang menikmati, seluruh koridor, semua koridor gratis," kata Djarot saat peresmian Koridor 13 di Halte Cipulir, Rabu (16/8/2017).

Meski gratis, calon penumpang tetap harus memiliki kartu non-tunai untuk melakukan tap in dan tap out. Saldo karto tidak akan berkurang karena tarif perjalanan menjadi Rp 0.

Tidak hanya PT Transjakarta, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) juga menggratiskan layanan kereta rel listrik (KRL) pada 17 Agustus 2017.

Kebijakan ini merupakan yang kedua kalinya diterapkan PT KCJ setelah pada 17 Agustus 2015 melakukan program serupa. "PT KCJ akan memberikan layanan KRL gratis ini kepada seluruh pengguna yang memakai Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjaminan (THB) untuk perjalanan KRL," kata Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ Subakir.

Subakir mengatakan layanan KRL gratis ini berlaku untuk semua relasi KRL. Namun, tetap masyarakat harus mengikuti ketentuan-ketentuan terkait tiket elektronik KRL.

"Masyarakat yang memiliki KMT maupun THB harus melakukan tap in dan tap out dengan sempurna di stasiun. Bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) ketentuan saldo minimum Rp 13.000 tetap berlaku," kata dia.

Sementara itu, khusus warga yang memilih menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) tetap harus memiliki tiket sesuai relasinya.

Pelanggan tidak perlu membayar pengisian relasi yang biasa dibayar sesuai stasiun tujuanya, tetapi tetap harus memberikan uang jaminan kartu sebesar Rp 10.000.

Uang jaminan kartu THB juga akan dikembalikan utuh setelah pelanggan selesai melakukan perjalanan. "Kami mengajak masyarakat untuk ikut menikmati layanan KRL gratis ini, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang ada serta ikut menjaga ketertiban serta kenyamanan bersama di dalam KRL maupun stasiun," kata Subakir.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Ayo Jalan-jalan, Hari Ini Naik KRL dan Bus Transjakarta Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru