Babel terbitkan 1.000 sertifikat halal untuk UMKM

Rabu, 14 Juni 2017 | 23:12 WIB Sumber: Antara
Babel terbitkan 1.000 sertifikat halal untuk UMKM


PANGKALPINANG. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menerbitkan 1.000 sertifikat halal produk pangan, guna membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam meningkatkan usahanya.

"Kami tegaskan bantuan sertifikat halal produk pangan ini gratis, jika ada petugas meminta biaya segera laporkan," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Rabu (14/6).

Ia menjelaskan bantuan sertifikat halal produk makanan dan minuman khas daerah ini, sebagai jaminan keamanan halal kepada konsumen sehingga dapat meningkatkan permintaan pasar lokal, nasional dan internasional. "Mudah-mudahan bantuan 1.000 sertifikat halal produk UMKM ini tuntas pada awal 2018," ujarnya.

Erzaldi Rosman berharap dengan adanya bantuan ini dapat memotivasi pelaku usaha untuk berinovasi dalam memproduksi berbagai produk makanan dan minuman khas daerah ini.

"Kami berharap UMKM terus belajar dalam meningkatkan kualitas rasa, tampilan produk dan lainnya. Namun yang terpenting pelaku usaha untuk lebih mengutamakan kehalalan produk," katanya.

Menurut dia produk halal sangat penting dalam meningkatkan kualitas, kuantitas dan pemasaran produk pangan, karena masyarakat akan lebih tenang membeli dan mengonsumsi produk pangan khas daerah itu.

Tidak hanya itu, produk pangan halal ini juga untuk melindungi anak-anak dari makanan berbahaya. Mereka harus mendapatkan makanan yang aman dan bergizi.

"Bagi UMKM yang belum memiliki sertifikat halal untuk segera mengajukan permohonan bantuan, agar dinas terkait mudah menyalurkan bantuan sertifikat halal produk makanan dan minuman khas daerah ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru