: WIB    —   
indikator  I  

Bandara Silangit naik kelas mulai 28 Oktober

Bandara Silangit naik kelas mulai 28 Oktober

KONTAN.CO.ID - BANTEN. Bandara perintis Silangit di Sumatra Utara akan diresmikan menjadi bandara internasional dalam waktu dekat.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, pada 28 Oktober mendatang, bandara perintis Silangit akan resmi menjadi bandara Internasional. "Yang tadinya bandara perintis dalam satu tahun menjadi bandara domestik yang sangat produktif, tetapi kita harus selektif menyeleksi bandara perintis," kata Budi di Cengkareng, Senin (9/10).

Berdasarkan catatan KONTAN, Menhub pernah meminta PT Angkasa Pura II untuk menambahkan overlay dan selesai sebelum 28 Oktober.

Budi menilai, banyak daerah yang berharap adanya penerbangan melalui bandara perintis yang bisa menjadi andalan di daerahnya. Salah satu contoh bandara perintis tersebut, Bandara Trunojoyo Sumenep. "Kemarin saya ke Sumenep. Penerbangan pertama dengan menggunakan pesawat ATR itu langsung penuh, padahal sebelumnya tidak," tuturnya.

Hal itu mengindikasikan bahwa di kabupaten atau kota sangat membutuhkan aksesibilitas. Selain itu, objek turis di daerah yang selama ini menggunakan jalan darat selama 5 jam tidak diminati, melainkan melalui penerbangan di Banyuwangi, Jember, dan Sumenep.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Budi, Presiden Jokowi meminta agar Bandara Trunojoyo Sumenep diperpanjang menjadi 2.080 meter agar pesawat Boeing 737 bisa mendarat tidak hanya di Surabaya.


Reporter Klaudia Molasiarani
Editor Dupla Kartini

PROYEK INFRASTRUKTUR

Feedback   ↑ x
Close [X]