: WIB    —   
indikator  I  

Banyuwangi bangun dermaga kapal pesiar

Banyuwangi bangun dermaga kapal pesiar

BANYUWANGI. Tingkatkan jumlah kunjungan wisatawan, Pemerintah Daerah Banyuwangi bakal membuka dermaga Marina untuk tempat bersandar kapal pesiar.

Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi mengaku pembangunan tersebut merupakan kerjasama antara pemerintah dengan investor asal Australia. Total dana yang digelontorkan untuk pembangunan tersebut sekitar Rp 400 miliar.

" Target kami, orang sekitar dermaga bisa mendapatkan perbaikan ekonomi, contohnya mereka bisa membersihkan kapal," katanya Kamis (21/7). Belum diketahui kapan dermaga ini bakal resmi dioperasikan. Saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Sayangnya, dia masih enggan menyebutkan target peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di wilayahnya.

Berdasarkan data pemerintah, total kunjungan wisatawan per 2016 mencapai 4,3 juta orang. Jumlah ini naik drastis bila dibandingkan kunjungan di tahun 2010 yang hanya 500.000 orang.

Anas mengaku Pemerintah terus membenahi daerahnya untuk dijadikan salah satu destinasi wisata. Untuk menarik kunjungan tamu, mereka rajin menggelar festival. Tercatat, dalam setahun ada 72 event yang diselenggarakan. Lokasi pun tidak hanya di kota tapi juga kabupaten.

Lainnya, pemerintah membuka peluang bagi para investor untuk menanamkan modal di sana. Dengan catatan, mereka tidak merusak lingkungan dan sejalan dengan program pemerintah yang menggalakkan tema eco wisata.


Reporter Tri Sulistiowati
Editor Yudho Winarto

INFRASTRUKTUR DAERAH

Feedback   ↑ x
Close [X]