Banyuwangi siap jadi destinasi wisata peserta IMF-World Bank

Sabtu, 03 Maret 2018 | 17:50 WIB   Reporter: Dupla Kartini
Banyuwangi siap jadi destinasi wisata peserta IMF-World Bank


INDUSTRI PARIWISATA - BANYUWANGI. Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dijadikan daerah penyangga Bali, sebagai destinasi yang dikunjungi delegasi dari berbagai negara dalam Annual Meeting IMF-World Bank pada Oktober 2018. Untuk memastikannya, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meninjau Banyuwangi, sejak Kamis hingga Jumat (2/3).

Menurut siaran pers Biro Humas Kabupaten Banyuwangi, Jumat (2/3), rombongan tersebut telah mengunjungi berbagai destinasi. Mereka menilai Banyuwangi sudah siap jadi destinasi wisata untuk para delegasi rapat tahunan IMF-Bank Dunia tersebut.

"Saya pikir setelah berkunjung Banyuwangi ini, kami senang. Banyuwangi sudah baik, oke, dan siap menerima delegasi internasional," ujar Luhut saat bertemu dengan para pelaku wisata Banyuwangi di Villa Soolong Banyuwangi, Jumat (2/3).

Menurutnya, setelah berkunjung ke Banyuwangi, Luhut jadi semakin yakin bahwa Indonesia sebagai tuan rumah bisa "dijual" dengan hebat (pariwisatanya) ke delegasi dari 189 negara.

Luhut menilai kesiapan Banyuwangi menyambut delegasi IMF-Bank Dunia telah mencapai 85%. Mulai dari infrastruktur, destinasinya, hingga atraksinya. "Banyuwangi ini indah dan bersih. Kotanya tertata. Secara ekonomi, daerah ini tumbuh pesat. Pak Bupati bekerja dengan baik, dan apa yang telah dilakukan Bupati ini harus didukung,” imbuh Luhut.

Menkeu Sri Mulyani menambahkan, Banyuwangi sangat layak untuk dijadikan salah satu jujugan (tujuan) bagi para delegasi. "Ada pantai, gunung, ada cerita yang hidup dari masyarakatnya, cerita kopi hingga tradisi Suku Osing,” kata Sri Mulyani.

Selain Sri Mulyani, Luhut didampingi Gubernur BI Agus Martowardojo dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. "Awalnya kita sempat ragu memasukkan Banyuwangi sebagai daerah penyangga Bali dalam pertemuan. Ternyata setelah kami ke sini, semua sudah sangat siap," jelas Agus.

Selain melihat kesiapan, Luhut dan rombongan juga menginventarisasi sejumlah infrastruktur yang perlu dilengkapi untuk menyambut delegasi. "Pak Bupati telah memaparkan apa-apa yang perlu segera ditangani, ini akan segera kami tuntaskan. Minggu depan akan kami langsung koordinasi teknis," ujar Luhut. 

Selama di Banyuwangi, Luhut dan rombongan meninjau lokasi yang akan menjadi tujuan delegasi. Mulai dari Bandara Banyuwangi yang berkonsep hijau, sanggar seni Genjah Arum, Pantai Solong, hingga Gunung Ijen. (Muhammad Irzal Adiakurnia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Luhut: Banyuwangi Siap Jadi Destinasi Wisata Peserta IMF-World Bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru