Belum Genap Setahun Beroperasi, LRT Jabodebek Telah Layani 10 Juta Pengguna

Rabu, 08 Mei 2024 | 14:26 WIB   Reporter: Vina Elvira
Belum Genap Setahun Beroperasi, LRT Jabodebek Telah Layani 10 Juta Pengguna

ILUSTRASI. LRT Jabodebek telah melayani 10.169.356 pengguna per 7 Mei 2024. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.


LRT - JAKARTA. Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Agustus 2023 lalu, LRT Jabodebek telah melayani 10.169.356 pengguna (per 7 Mei 2024). 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau (KAI) menyatakan, rata-rata pengguna harian LRT Jabodebek sebanyak 45.287 pengguna pada saat weekday, dan sebanyak 29.592 pengguna pada saat weekend.

Menurut data KAI, jumlah pengguna tertinggi pada tahun 2024 terjadi pada bulan April, di mana LRT Jabodebek melayani sebanyak 1.402.933 pengguna. Sementara, rekor jumlah pengguna terbanyak dalam 1 hari terjadi pada tanggal 6 Mei 2024 dengan 69.705 pengguna.

Baca Juga: KAI Melakukan Penambahan Sebanyak 28 Perjalanan LRT Jabodebek

Manager Public Relations LRT Jabodebek menuturkan, Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Harjamukti, Stasiun Kuningan, dan Stasiun Cikoko adalah stasiun yang paling banyak melayani pengguna pada bulan April, dengan total 1.301.445 pengguna.

“KAI juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada masyarakat, pemerintah, serta semua pihak yang terkait atas dukungan kepada LRT Jabodebek sebagai hasil karya anak bangsa,”  ujar Mahendro, dalam keterangannya, Rabu (8/5). 

Baca Juga: Kini LRT Jabodebek Beroperasi 336 Perjalanan Setiap Hari

Mahendro mengungkapkan, KAI secara konsisten terus meningkatkan layanan LRT Jabodebek seperti penambahan perjalanan sehingga waktu tunggu antar kereta (headway) menjadi lebih singkat, hanya 5,5 menit pada jam sibuk di lintas Cawang - Dukuh Atas, dan 11 menit di lintas Jati Mulya - Cawang serta Harjamukti - Cawang.

Selain itu pemeliharaan fasilitas serta keamanan di kereta dan di stasiun juga terus dilakukan demi menjaga kenyamanan pengguna. 

“Kami berharap dengan adanya peningkatan di segala aspek pelayanan, dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna dan meningkatkan minat masyarakat menggunakan LRT Jabodebek," tutup Mahendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru