BPBD: Empat warga meninggal akibat gempa Pidie

Rabu, 07 Desember 2016 | 10:22 WIB Sumber: Antara
BPBD: Empat warga meninggal akibat gempa Pidie


MEUREUDU. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya A Manaf menyatakan, empat warga meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 6,4 skala richter (SR) yang mengguncang wilayah itu.

"Benar, saya sudah mendapatkan informasi ada empat warga Pidie Jaya yang meninggal akibat gempa bumi dan saya belum tahu identitasnya," katanya di Pidie Jaya, Rabu (7/12).

Menurut Manaf, gempa kuat itu juga merobohkan sejumlah tempat ibadah dan rumah warga, bahkan tidak sedikit warga Pidie jaya dilarikan ke rumah sakit umum daerah, karena mengalami luka parah.

"Mesjid, fasilitas umum dan rumah warga juga banyak yang roboh akibat gempa itu, namun saya belum bisa melaporkan jumlah bangunan yang rusak akibat gempa," katanya lagi.

BMKG Aceh merilits, gempa 6,4 SR terjadi itu terjadi pada pukul 05:03 WIB, lokasinya persis, 5.19 lintang utara (LU), 96.36 Barat Timur (BT) dan 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya, di kedalaman 10 kilometer Gempa juga kuat dirasakan di beberapa wilayah Aceh antaranya, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, Lhokseumawe.

"Usai gempa sudah terjadi lagi gempa susulan sebanyak 4 kali dan dipastikan gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami, namun masyarakat diimbau mewaspadai terjadinya gempa susulan," kata Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang.

Relawan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Aceh, Royan yang berada di lokasi rumah sakit mengharapkan bantuan medis dari daerah lain, khususnya daerah terdekat.

Puluhan korban luka-luka ringan dan berat, khususnya patah tulang yang kini berada di Rumah Sakit Umum Daerah di Meureudu sangat membutuhkan bantuan baik paramedis maupun obat-obatan.

Petugas kesehatan di RSUD Pidie Jaya kewalahan menangani korban, karena terbatasnya tenaga kesehatan, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru