BPBD: Gempa Sukabumi, belum ada laporan kerusakan

Senin, 12 Juni 2017 | 10:11 WIB Sumber: Kompas.com
BPBD: Gempa Sukabumi, belum ada laporan kerusakan


SUKABUMI. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyatakan, hingga pukul 07:30 WIB, belum menerima laporan kerusakan dampak gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR).

''Sampai saat ini belum menerima laporan kerusakan akibat gempa tersebut,'' kata Koordinator Pusat Pengedalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi, Yana Rusyana dalam pesan singkat, Senin (12/6/2017) sekitar pukul 08:00 WIB.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,3 SR mengguncang Sukabumi pada Senin (12/6) pukul 06:15 WIB.

Menurut Yana, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan para relawan yang berdomisili di seluruh kecamatan. Di Kabupaten Sukabumi ini, terdapat 47 kecamatan tersebar di wilayah selatan dan utara.

''Kami masih terus berkoordinasi dengan para relawan yang di lapangan,'' tuturnya.

Kepala Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara, Syahrial Hasan mengakui, di wilayahnya sampai sekarang tidak ada laporan kerusakan dampak gempa berkekuatan 6,3 SR tersebut. ''Tadi saya sudah teleponin para kepala dusun, laporannya tidak ada kerusakan,'' ujar Syahrial.

Desa Bantarkalong yang berlokasi di pinggiran Sungai Cimandiri ini sebelumnya sempat dilanda bencana pergerakan tanah. Akibat pergerakan tanah itu sedikitnya 112 unit rumah rusak dengan berbagai kategori.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan menuturkan, di wilayahnya hingga pukul 08:00 WIB belum menerima laporan dampak gempa berkekuatan 6,3 SR yang terjadi pukul 06:15 WIB. ''Tidak ada laporan dari masyarakat, tapi kami sedang mengecek ke lapangan,'' kata Asep.

Secara administratif, Kota Sukabumi hanya meliputi tujuh kecamatan dengan 33 kelurahan. (Budiyanto)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Gempa Sukabumi, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru