Bupati Semarang minta bantuan pusat atasi gulma

Selasa, 28 April 2015 | 05:17 WIB Sumber: Kompas.com
Bupati Semarang minta bantuan pusat atasi gulma

ILUSTRASI. Petugas memperlihatkan emas batangan pecahan 10 gram di Galeri 24 Pegadaian Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/06/2023.


AMBARAWA. Bupati Semarang, Mundjirin, mengusulkan pembangunan pabrik pupuk skala besar berbahan baku enceng gondok sebagai solusi membersihkan gulma di Danau Rawapening. Pemerintah pusat diminta turun tangan merealisasikan ide tersebut.

"Wacana itu memang ada dan harus disiapkan lahan untuk pabrik. Paling tidak tempatnya yang dekat dengan Rawapening agar mudah transportasinya,” tutur Mundjirin, Senin (27/4/2015).

Gulma menjadi persoalan utama di danau yang menjadi percontohan revitalisasi tersebut. Pemberian bantuan alat pembuat pakan ikan berbahan baku enceng gondok tidak mampu mengurangi populasi enceng gondok di danau tersebut.

"Bantuan alat pembuat pelet pakan ikan dari enceng Gondok hanya mampu memproduksi 300 kilogram,” kata Mundjirin.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Semarang, The Hok Hiong, mengatakan bahwa pihaknya mendukung Pemda Semarang yang meminta pemerintah pusat terlibat dalam pengelolaan Danau Rawapening.

“Yang bisa menyelesaikan Rawapening adalah pemerintah pusat, karena dibutuhkan anggaran yang besar,” ungkap Hok Hiong. (Kontributor Ungaran, Syahrul Munir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa

Terbaru