Cuaca buruk, Pelabuhan Gilimanuk ditutup sementara

Sabtu, 30 Desember 2017 | 19:03 WIB Sumber: Antara
Cuaca buruk, Pelabuhan Gilimanuk ditutup sementara


PELABUHAN - BALI. Otoritas Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, menutup sementara penyeberangan di Selat Bali, karena cuaca buruk.

"Seperti yang sudah pernah kami lakukan, saat cuaca buruk dan kami anggap membahayakan kapal yang berlayar, maka penyeberangan Selat Bali kami tutup sementara," kata Kepala Tata Usaha Unit Pelaksana Penyeberangan Kelas III Pelabuhan Gilimanuk Ni Komang Yuliani, Sabtu (30/12).

Ia mengatakan, penutupan dimulai pukul 14.25 WITA dan penyeberangan kembali dibuka pukul 15.10 WITA setelah cuaca membaik.

Setelah berkoordinasi dengan Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, pihaknya memutuskan untuk menutup sementara penyeberangan karena angin kencang dan hujan deras di Selat Bali.

"Selain itu juga ada kabut yang membuat jarak pandang nakhoda terbatas. Itu membahayakan kapal karena bisa hanyut, bahkan bertabrakan dengan kapal lainnya," katanya.

Sesuai standar berlayar saat penyeberangan dihentikan sementara, nakhoda yang sudah terlanjur berlayar diarahkan menuju pelabuhan terdekat, atau mencari tempat berlindung yang biasanya di perairan dekat pulau yang ada di Selat Bali.

Penutupan pada siang hari tidak sampai menimbulkan antrean panjang kendaraan, sebab pada waktu-waktu itu arus kendaraan yang masuk pelabuhan tidak terlalu banyak.

Kendaraan yang masuk pelabuhan rata-rata adalah bus pengangkut arus balik wisatawan domestik. Beberapa kali otoritas Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang menutup sementara pelayanan penyeberangan di Selat Bali akibat cuaca buruk. (Gembong Ismadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru