Dataran tinggi Dieng tetap jadi primadona

Jumat, 30 Juni 2017 | 22:05 WIB Sumber: Antara
Dataran tinggi Dieng tetap jadi primadona


BANYUMAS. Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tetap menjadi primadona bagi wisatawan pada masa libur Lebaran 2017.

"Alhamdulillah, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng pada hari Kamis (29/6) mencapai kisaran 13.000 orang, sedangkan di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas sekitar 10.000 orang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto saat dihubungi dari Banyumas, Jumat (30/6).

Hal itu, menurut dia, menunjukkan kalau Dieng yang merupakan andalan Banjarnegara tetap menjadi primadona bagi wisatawan.

Dwi mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng setiap harinya sejak liburan Lebaran 2017 berfluktuasi yang rata-rata mengalami peningkatan 30% dari jumlah wisatawan pada masa libur (liburan) Lebaran 2016.

Menurut dia, tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng karena kondisi cuaca yang mendukung.

"Sejak Lebaran kemarin memang sempat terjadi hujan ringan dalam 2 hari. Namun, hujannya turun ketika sudah sore hari sehingga tidak mengganggu aktivitas wisatawan," katanya.

Dia mengakui, kondisi jalan yang sempit mengakibatkan kemacetan arus kendaraan dari dan menuju Dieng.

Oleh karena itu, kata dia, wisatawan yang baru datang ke Dieng tidak bisa langsung masuk ke objek wisata.

"Mereka menginap dahulu, baru keesokan harinya masuk ke objek wisata," jelasnya.

Sebagai daya tarik wisata unggulan Banjarnegara, kata Dwi, keberadaan KWDT Dieng berdampak positif pada destinasi yang lain, termasuk usaha yang ditekuni warga.

Dalam hal ini, kata dia, keberadaan objek wisata memberikan "multiplier effect" yang luar biasa karena pengunjung yang berwisata akan membeli oleh-oleh untuk mereka bawa pulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru