: WIB    —   
indikator  I  

Di pulau reklamasi akan ada rusun nelayan

Di pulau reklamasi akan ada rusun nelayan

JAKARTA. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan membangun rumah susun (rusun) menghadap ke laut di pulau reklamasi untuk para nelayan.

Dengan demikian, rusun yang akan dibangun di Pulau C dan D itu akan memiliki pemandangan laut.

"Kami bangun rusun di situ (Pulau C dan D) di area yang 30 hektare. Para nelayan bisa tinggal di rusun pinggir laut dengan view ke laut, kan enak," ujar Saefullah di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Jumat (4/8).

Lantai bawah rusun itu akan dilengkapi pasar ikan dan restoran. Mereka bisa berjualan di sana.

"Di bawahnya mungkin keluarganya yang tidak nelayan, ibu-ibu, atau yang dapat kerjaan, bisa kami buatkan pasar ikan segar dan ada restoran," kata dia.

Selain itu, di tepi pulau juga akan dibangun dermaga. Para nelayan bisa menambatkan perahu-perahu yang mereka gunakan untuk menangkap ikan di sana.

"Jadi itu kami ambil di sisi pinggir supaya nanti kami buat dermaga para nelayan," ucap Saefullah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pernah mengatakan akan membangun rumah susun untuk nelayan di pulau reklamasi pada September 2016 lalu.

Ahok menuturkan, pembangunan rusun itu akan menggunakan uang kompensasi dari pengembang yang melaksanakan proyek reklamasi.

Masterplan rusun tersebut pun sudah ada sejak Joko Widodo masih menjabat sebagai gubernur DKI.

"Ini tematik sudah digambarkan sejak zaman Pak Jokowi, waktu 2012 kami sudah punya. Jadi, ini kami bikin rusun tematik memanfaatkan uang-uang kompensasi dari reklamasi," kata Ahok, Selasa (13/9/2016). (Nursita Sari)


SUMBER : Kompas.com
Editor Sanny Cicilia

REKLAMASI

Feedback   ↑ x
Close [X]