Di Sulawesi, jamaah An Nadzir berlebaran hari ini

Sabtu, 24 Juni 2017 | 14:22 WIB Sumber: Antara

GOWA. Jamaaah An Nadzir, yang identik dengan rambut bercat pirang, melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijiriah di Lapangan Desa Mawang, Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/6).

Setiap tahunnya, jamaah ini menetapkan tanggal 1 Syawal berdasarkan perhitungan bulan dan tanda-tanda alam seperti pasang surut air laut dan tidak mengikuti penetapan awal Syawal pemerintah.

"Sesuai dengan tanda-tanda alam, maka kami menyakini 1 Syawal jatuh pada hari ini, dan tentu kami berlebaran serta melaksanakan shalat Id di lapangan," kata pemimpin jamaah An Nadzir, Ustaz Lukman.

Sejak subuh, anggota jamaah itu berbondong-bondong menuju lapangan, para lelaki menggunakan jubah pakaian berwarna hitam dengan sorban di kepala.

Para perempuannya mengenakan pakaian terusan berwarna hitam dengan cadar menutupi wajah, beberapa sambil membawa anaknya yang juga berpakaian serba hitam.

Di lapangan tempat mereka setiap tahun shalat Id, ada beberapa pohon kurma, yang tumbuh normal tapi tidak berbuah.

Lantunan asma Allah dan suara takbir dilantunkan melalui pelantang suara oleh jamaah yang lebih dahulu datang.

Ustaz Lukman menyampaikan khotbah shalat Id. Usai shalat, jamaah saling berjabat tangan hingga berpelukan satu sama lain, lalu pulang ke perkampungan masing-masing.

Beberapa di antara mereka pulang menggunakan rakit melewati danau untuk menuju ke rumah yang berada tidak jauh dari lapangan itu.

Pemerintah bersama organisasi kemasyarakatan Islam menurut rencana akan melaksanakan sidang isbat setelah pemantauan hilal pada Sabtu petang untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1438 Hijriah. (Darwin Fatir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru