Direncanakan ditutup, tamu Hotel Alexis anjlok 30%

Kamis, 25 Mei 2017 | 21:05 WIB Sumber: Kompas.com
Direncanakan ditutup, tamu Hotel Alexis anjlok 30%


JAKARTA. Manajemen Alexis menceritakan dampak yang terjadi pada mereka setelah muncul wacana penutupan Alexis oleh gubernur dan wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Kerugian yang mereka alami dari segi jumlah tamu yang datang.

"Oh sangat merugikan, efeknya sampai sekarang sekitar 20% sampai 30%. Di sini biasanya tamu kurang lebih 700-800 orang, sekarang paling 500-600 di akhir pekan," ujar Humas Alexis, Arman, di Alexis, Rabu (24/5).

Selain itu, isu tersebut juga menimbulkan keresahan di kalangan karyawan. Para karyawan mempertanyakan masa depan pekerjaan mereka. Jika benar-benar akan ditutup, Arman mempertanyakan alasan penutupan tersebut. Sebab mereka merasa tidak melakukan pelanggaran.

"Masalah penutupan, terus terang ya kita paham arahnya karena terus terang izin yang dibutuhkan kita semua lengkap," ujar Arman.

Jika Alexis ditutup karena jenis usaha mereka yang bergerak di dunia hiburan, Arman mengatakan seharusnya semua tempat hiburan malam juga ditutup.

"Saya rasa bisnis hiburan itu ya banyak ya. Kalau ditutup apakah semua bisnis serupa juga ditutup?" ujar dia.

Terkait isu adanya praktik prostitusi di Alexis, Arman mengatakan hal itu tergantung pribadi seseorang. Arman mengatakan praktik semacam itu bisa terjadi dimanapun. Namun, hal yang pasti adalah mereka sudah memerintahkan karyawan untuk tidak terlibat praktik semacam itu.

"Saya di sini sudah mewanti-wanti untuk orang yang kerjanya pijit ya pijit, yang kerjanya pemandu karaoke ya hanya pemandu karaoke. Kalau mereka terjadi di luar ya saya enggak bisa apa-apa kan, karena saya punya keterbatasan enggak mungkin memonitor orang satu per satu," ujar Arman.

Setelah Anies dan Sandi menjabat, Arman mengaku ingin berkomunikasi dengan mereka. Dia ingin mempertanyakan alasan Alexis akan ditutup.

"Kita mau menanyakan kesalahan kita dimana? Kalau memang industrinya yang salah ya satu Jakarta ditutup dong," ujar Arman.

Janji untuk menutup Alexis pertama kali dilontarkan Anies saat debat yang diselenggarakan KPU Jumat (13/1/2017). Saat itu, Anies sempat melontarkan sindiran terkait rajinnya Pemprov DKI Jakarta menggusur, sementara tidak untuk tempat prostitusi.

"Untuk urusan penggusuran tegas, tetapi urusan prostitusi Alexis lemah," kata Anies.

Karena itu, jika nantinya dipercaya memimpin Jakarta, Anies menyatakan bahwa ia akan bertindak tegas tanpa pandang bulu, termasuk dalam menertibkan prostitusi.

"Kita akan tegas menghadapi mereka," ujar Anies.

Adapun Hotel Alexis adalah sebuah hotel di Jakarta Utara yang ditengarai menjadi tempat praktik prostitusi dengan menawarkan jasa PSK mancanegara. Menurut Anies, Hotel Alexis selama ini selalu lolos karena pembuat aturannya hanya diam.

Anies menyatakan bahwa ia tidak hanya berkomitmen untuk menutup Hotel Alexis, tetapi juga semua tempat prostitusi yang ada di Jakarta. Menurut dia, rencana untuk menutup tempat prostitusi di Jakarta bukanlah keinginan pribadinya, melainkan untuk menjalankan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

"Saya bekerja dengan perda, dan perda-nya adalah melarang prostitusi. Itu perdanya jadi bukan soal kemauan Anies, aspirasi Anies, ini perda-nya ada. Saya akan laksanakan perda ini," kata Anies. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru