Djarot usul tiket masuk pengunjung Ancol gratis

Jumat, 15 September 2017 | 21:55 WIB Sumber: Antara
Djarot usul tiket masuk pengunjung Ancol gratis


KEBIJAKAN DKI. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar tiket masuk kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di wilayah Jakarta Utara tidak ada lagi biaya alias gratis.

"Saya mengusulkan kepada pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol supaya sebaiknya tiket masuk bagi seluruh pengunjung digratiskan saja," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (15/9).

Menurut dia, tarif tiket masuk di tempat wisata tersebut sebaiknya hanya diberlakukan bagi kendaraan saja. Sedangkan untuk pengunjung atau orang tidak perlu dikenakan tarif tiket masuk.

"Jadi, yang harus bayar tiket masuk itu seharusnya kendaraan saja, sebagai biaya parkir kendaraan. Sedangkan untuk orang atau pengunjung, saya rasa tidak perlu dikenai tarif tiket masuk," ujar Djarot.

Tarif untuk orang atau pengunjung, dia menuturkan, seharusnya baru diberlakukan apabila pengunjung memasuki wahana-wahana tertentu, diantaranya Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure dan lain-lain.

Metode tersebut, sambung dia, sama seperti yang diterapkan di kawasan wisata Monumen Nasional (Monas). Pengunjung baru dikenai retribusi atau membayar tiket pada saat memasuki bagian monumen tersebut.

"Karena tidak ada tarif untuk orang atau pengunjung, maka tarif parkir dapat diberlakukan secara progresif, yakni dihitung berdasarkan lamanya waktu kunjungan. Sehingga, tarif parkir dapat ditetapkan dengan standar rata-rata yang tinggi," tutur Djarot.

Lebih lanjut, mantan wali kota Blitar itu mengungkapkan penerapan metode tersebut juga dapat memberikan dampak positif terhadap kawasan Pasar Seni Ancol yang selama ini dianggap sepi pengunjung.

"Satu hal lagi, saya minta supaya sistem pembayaran tiket masuk di kawasan Ancol itu dibenahi. Gunakan sistem nontunai atau 'cashless' untuk pembayarannya," ungkap Djarot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru