DKI cari unsur sabotase dari temuan kulit kabel

Selasa, 07 Maret 2017 | 17:35 WIB Sumber: Kompas.com
DKI cari unsur sabotase dari temuan kulit kabel


JAKARTA. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan belum mengetahui adanya indikasi sabotase dari penemuan kulit kabel di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Sumarsono menjelaskan, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta sudah diminta menyisir seluruh gorong-gorong yang ada di Jakarta, khususnya di lokasi yang rawan terjadi genangan. Jika dalam penyisiran itu ditemukan kulit kabel listrik di sejumlah titik, bisa jadi ada sabotase yang dilakukan pihak tertentu.

"Perintahkan Kadis Sumber Daya Air untuk turun, dicek. Cek seluruh gorong-gorong, apakah ditemukan di tempat lain atau tidak. Kalau ditemukan di banyak tempat itu tentu berbeda. Berarti ada unsur sabotase, kalau cuma satu tempat kami nggak bisa menyimpulkan semudah itu," ujar Sumarsono, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (7/3/2017).

Jika nantinya ditemukan ada unsur sabotase, Sumarsono berharap agar petugas kepolisian segera menindaklanjutinya. "Kalau memang ada unsur pidana polisi harus bertindak. Saya belum lihat di lapangan. Bisa juga orang iseng buang di Bantargebang jauh. Mentalitas harus dibenahi," ujar Sumarsono.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) bersama petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan atau pasukan biru dari Kelurahan Kuningan Barat menemukan gulungan kulit kabel. Kulit kabel itu menyebabkan Jalan Gatot Subroto sempat tergenang pada Kamis (2/3/2017) petang.

Temuan kulit kabel di dalam gorong-gorong itu juga terjadi pada awal 2016. Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menganggap ada sabotase karena temuan tersebut. Kulit kabel saat itu ditemukan di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Selatan.

(David Oliver Purba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru