DKI targetkan bangun 80 Km trotoar tahun ini

Selasa, 15 Agustus 2017 | 14:00 WIB Sumber: Kompas.com
DKI targetkan bangun 80 Km trotoar tahun ini


DKI JAKARTA - Dinas Bina Marga DKI Jakarta targetkan membangun trotoar sepanjang 80 kilometer pada tahun ini. Kepala Seksi Perencanaan Prasarana Jalan dan Utilitas Dinas Bina Marga DKI Jakarta Riri Asnita mengatakan, trotoar itu dibangun di lima wilayah kota administratif di Ibu Kota.

"2017 kami bangun target kami 80 kilometer," ujar Riri saat meninjau pembangunan trotoar di Jalan Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (15/8).

Dari total 80 kilometer trotoar yang dibangun, 24 kilometer di antaranya dibangun Dinas Bina Marga. Sementara, 56 kilometer sisanya dibangun Suku Dinas Bina Marga di lima kota administratif. "Untuk Dinas sendiri 24 kilometer, sama sudin totalnya 80 kilometer," paparnya.

Beberapa jalur pedestrian yang dibangun oleh Dinas Bina Marga antara lain Kawasan Istiqlal dan Jalan Veteran (Jakarta Pusat), Jalan Mahakam, Jalan Barito, dan Jalan Kyai Maja (Jakarta Selatan), Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Jalan Jatinegara Timur (Jakarta Timur), Kawasan Kota Tua dan Sunter (Jakarta Utara), serta Jalan Kyai Tapa (Jakarta Barat).

Menurut Riri, dari target 80 kilometer, yang tercapai sejauh ini baru 35% atau 28 kilometer trotoar. Ditargetkan, pembangunan semua trotoar rampung pada Desember mendatang.

Riri menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta gencar membangun trotoar untuk mendorong pejalan kaki menggunakan transportasi umum. "Dari 2015 kami bangun pedestrian. Arahnya kami mau mengubah pola transportasi warga dari pribadi ke transportasi publik," ucapnya.

Jalur pedestrian merupakan salah satu fasilitas penunjang atau akses menuju moda transportasi umum. Agar pejalan kaki mau berjalan untuk menjangkau moda transportasi umum, jalur pedestrasi harus dibuat nyaman.

"Kalau transportasinya udah cukup bagus, bagaimana caranya orang mau diajak berjalan. Kami harus bangun fasilitas pejalan kaki yang aman, nyaman, dan bisa diakses siapa pun," kata Riri.

Adapun total anggaran untuk pembangunan trotoar itu sejumlah Rp 412 miliar yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017. (Nursita Sari)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: DKI Targetkan Pembangunan 80 Kilometer Trotoar pada 2017

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru