Dukung kebijakan Anies, DPP PAN usul pemakaian becak listrik

Senin, 29 Januari 2018 | 14:58 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Dukung kebijakan Anies, DPP PAN usul pemakaian becak listrik

ILUSTRASI. Becak di Jakarta


DKI JAKARTA - JAKARTA. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Hanafi Rais mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memberi izin becak beroperasi kembali di jalan-jalan kecil ibu kota.

Namun, ia mengusulkan agar becak yang akan dioperasikan adalah becak listrik, karena cocok untuk iklim ibu kota yang harus ramah lingkungan.

“Pada 2014 lalu saya pernah meluncurkan becak bertenaga listrik yang mampu berjalan 60 kilometer di Yogyakarta. Becak itu adalah hasil kreasi warga Yogyakarta, Winawan atau Wiwin dengan memodifikasi becak model lama yang masih digenjot,” kata Hanafi Rais yang juga Wakil Ketua Umum DPP PAN dalam keterangan yang diterima KONTAN, Senin (29/1).

Kehadiran kembali becak di ibu kota ini tidak perlu jadi polemik karena selama tidak mengganggu ketertiban dan bermanfaat bagi konsumen maka yang perlu disiapkan adalah regulasinya yang jelas. Apalagi menurut Hanafi, becak itu khusus diperuntukkan di wilayah perumahan.

“Wacana becak di ibu kota harus diarahkan pada pemikiran positif, apalagi kalau menggunakan becak listrik. Bisa ditempatkan di perumahan-perumahan atau saya usulkan di tempat wisata juga. Selain bisa membantu konsumen, mempercantik daerah wisata atau bahkan mengembalikan mata pencaharian para pengayuh becak yang sudah ada,” paparnya.

Namun perlu dicatat adalah pengoperasian becak-becak listrik tersebut haruslah dari becak-becak yang sudah ada, bukan menambah becak baru agar tidak menambah lagi arus urbanisasi ke ibukota.

“Becak-becak yang sudah ada sebelumnya bisa dimodifikasi menjadi becak listrik. Jangan sampai malah berkembang becak motor nanti. Teknisinya sudah ada dan kami akan berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta. Intinya adalah bagaimana membuat ibukota menjadi nyaman bagi warganya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru