Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup Sampai Hari Ini

Kamis, 02 Mei 2024 | 15:27 WIB Sumber: Kompas.com
Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup Sampai Hari Ini

ILUSTRASI. Ratusan warga berada di atas geladak KRI Kakap-811 saat dievakuasi di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (1/5/2024).


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Penutupan operasional sementara Bandara Sam Ratulangi di Manado pasca-erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara diperpanjang hingga pukul 18.00 Wita. Penutupan operasional bandara melalui informasi dari Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor Notam: A1170/24 NOTAMR A1160/24.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), perpanjangan penutupan Bandara Sam Ratulangi sesuai hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang. Adapun erupsi Gunung Ruang terjadi pada Selasa (30/4/2024) pukul 01.30 WITA.

Sejak 30 April itu, Bandara Sam Ratulangi ditutup sementara karena terdampak abu vulkanik dari gunung tersebut. Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi letusan Gunung Ruang teramati kurang lebih 2.000 meter dan menyebar ke arah utara.

Baca Juga: Gunung Ruang Kembali Erupsi, Ini Hasil Deteksi Dini Tsunami oleh BMKG

Selain Bandara Sam Ratulangi, empat bandara lainnya juga terdampak pasca erupsi Gunung Ruang, yaitu Bandara Djalaluddin, Bandara Sitaro, Bandara Bolaang Mongondow, dan Bandara Pohuwato. Ada juga dua bandara yang sebelumnya sempat ditutup sementara namun sudah kembali beroperasi normal sejak Rabu (1/5/2024), yaitu yaitu Bandara Naha yang mulai beroperasi sejak pukul 12.10 Wita dan Bandara Buol sejak pukul 18.03 Wita.

Ditjen Hubud telah menerbitkan Surat Edaran nomor SE 15 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Penerbangan pada Keadaan Force Majeure serta Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 153 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Prosedur Collaborative Decision Making (CDM) Penanganan Dampak Abu Vulkanik terhadap Operasi Penerbangan melalui Integrated Web Based Aeronautical Information System Handling (I-WISH). Penanganan force majeure erupsi Gunung Berapi mengacu pada kedua surat tersebut sebagai pedoman pelaksana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup Sampai Hari Ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru