Groundbreaking Bandara Kulonprogo mungkin Januari

Jumat, 20 Januari 2017 | 17:57 WIB Sumber: Kompas.com
Groundbreaking Bandara Kulonprogo mungkin Januari


JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta akan dilakukan akhir bulan Januari 2017. Rencananya, groundbreaking akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan, pihaknya juga akan melakukan proses pembersihan lahan atau land clearing sebelum pembangunan bandara tersebut.

"Iya akhir bulan ini. Sekarang kami akan melakukan land clearing. Karena  land clearing-nya besar sekali," ujar Budi Karya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (20/1).

Budi Karya mengungkapkan, pembebasan lahan untuk pembangunan bandara tersebut sudah hampir rampung. Saat ini, sebanyak 91% dari dari 857,2 hektare lahan sudah dibebaskan.

"Sebagian belum mengambil pembebasan karena konsinyasi. Sudah proses memang. Tetapi ada lagi yang sudah dibayar tetapi keluarganya komplain. Ya, yang belum puas itu memang ada," katanya.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (AP I) Israwadi mengatakan, dalam land clearing  terdapat proses pematangan lahan dan pemasangan pagar pembatasan. Setelah itu, baru akan dibangun landasan pacu atau runway sepanjangan 3.600 kilometer. "Setelah itu selesai, baru kemudian dilaksanakan groundbreaking terminalnya," tandasnya.

Pembangunan Bandara baru di Kulonprogo ini bertujuan untuk membantu kapasitas Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada tahun 2019. (Achmad Fauzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru