Gunung Anak Krakatau meletus 576 kali dalam sehari

Minggu, 19 Agustus 2018 | 20:23 WIB   Reporter: Herlina KD
Gunung Anak Krakatau meletus 576 kali dalam sehari

ILUSTRASI. Erupsi Gunung Anak Krakatau


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Pos pengamatan Gunung Anak Krakatau Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) Anak Gunung Krakatau melaporkan Gunung Anak Krakatau erupsi sebanyak 576 kali pada Sabtu (18/8).

"Selama 24 jam dari pukul 00.00-24.00 WIB pada Sabtu (18/8) Gunung Anak Krakatau meletus 576 kali kejadian. Letusan disertai lontaran abu vulkanik, pasir, lontaran batu pijar dan suara dentuman," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Minggu (19/8).

Menurut Sutopo, meski terjadi letusan sebanyak 576 kali, namun tidak ada letusan besar yang menimbulkan dampak merusak. Letusan juga tidak berpengaruh pada jalur penerbangan dan jalur pelayaran di Selat Sunda.

Lantaran letusannya kecil, tidak ada peningkatan status gunung api. "Status Gunung Anak Krakatau tetap waspada (level II) dengan radius zona berbahaya dalam radius dua kilometer (km)," imbuh Sutopo.

Sutopo bilang, kini BPBD Provinsi Banten, BPBD Provinsi Lampung, PVMBG dan BKSDA telah melakukan langkah antisipasi. "Yang penting masyarakat mematuhi rekomendasi tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 km dari puncak kawah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru