Hotel berbintang menjamur di Banyuwangi

Minggu, 10 September 2017 | 22:20 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Hotel berbintang menjamur di Banyuwangi


INDUSTRI PERHOTELAN - Sejumlah hotel berbintang berjejaring kini dibangun di Banyuwangi. Di antaranya, jaringan Hotel Aston dan Hotel Agastya. Pembangunan Hotel Aston yang berlokasi di Jalan Brawijaya telah dimulai sejak Oktober 2016 lalu.

Hotel delapan lantai tersebut diproyeksi mulai beroperasi Oktober mendatang. Sementara itu, pembangunan Hotel Agastya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, juga terus berlangsung.

Owner Harvest Resort & Village, Aminoto mengatakan, sejak lama ia yakin Banyuwangi bakal tumbuh pesat. Sebab itu dirinya tidak ragu berinvestasi membangun hotel di negeri Sunrise of Java ini.

"Ini sebagai dukungan kita atas tumbuh pesatnya pariwisata di Banyuwangi. Kami melihat dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan di Banyuwangi terus meningkat dan kebutuhan amenitasnya masih kurang," kata Aminoto.

Dengan nilai investasi lebih dari Rp 50 miliar, Harvest Resort & Village ini menyasar kelas menengah ke atas. Dengan jumlah kamar sebanyak 40 kamar, tingkat okupansinya di target mencapai 80%.

"Kita baru buka dua bulan saja okupansinya sudah 20-50% dimana sebagian besar tamunya adalah wisatawan asing. Nantinya jumlah kamar akan terus kita tambah dan kami optimistis okupansinya bisa mencapai 80%. Karena makin lama makin banyak orang yang datang ke Banyuwangi," ungkap Aminoto.

Apa yang dikatakan Aminoto ini faktanya memang benar. Akhir-akhir ini, atau di momen-momen tertentu, kamar hotel di Banyuwangi kerap full. Banyak yang tidak kebagian kamar sehingga terpaksa menginap di kota tetangga seperti Jember.

Bahkan pernah terjadi rombongan Anggota DPR RI yang terpaksa putar balik ke Surabaya karena tidak kebagian kamar hotel saat melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi.

Aminoto melanjutkan, pihaknya akan terus berekspansi bila pertumbuhan wisatawan di Banyuwangi makin besar dengan membangun hotel lainnya. Menurutnya langkah ini tidak kontra produktif dengan program pemerintah yang menggalakkan homestay karena beda segmen.

"Saya sangat mendukung program homestay yang dicanangkan Kemenpar karena memang itu sangat dibutuhkan dengan meningkatnya kunjungan. Tapi bagian kami menangani yang kelas menengah ke atas karena itu juga masih dibutuhkan. Banyak kantor-kantor perusahaan atau instansi juga membutuhkan fasilitas ballroom," tambah Aminoto dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (10/9).

Pengembangan industri pariwisata di Banyuwangi begitu cepat. Data menunjukan kenaikan jumlah wisman dan wisnus yang fenomenal dibanding dengan "Beyond Bali destinations" lainnya di Indonesia.

Tahun 2016 tercatat lebih dari 4,6 Juta wisnus yang berkunjung ke Banyuwangi, melonjak 85% dari tahun 2015 dengan 2,5 juta Wisnus; dan jumlah tersebut hampir 3 kali lipat jumlah penduduk Banyuwangi sebanyak 1,6 juta warga.

Sedangkan kunjungan wisman tahun lalu juga tumbuh 33% dan mencapai 141 ribu wisman, sebelumnya sebesar 105 ribu wisman di 2015; relatif sangat besar bagi destinasi yang baru.

Pada semester I tahun 2017 penanaman modal dalam negeri Jawa Timur masuk ke dalam urutan ke 3 setelah jawa barat dan Jawa Tengah. Sedangkan kabar menggembirakan untuk penanaman modal asing di Banyuwangi mendapatkan posisi ke II tertinggi setelah Kota Surabaya. Itu pun belum termasuk 4 project yang belum selesai di tahun 2016.

Data hotel di Kabupaten Banyuwangi, jumlah hotel di 2016 sebanyak 76 hotel dengan total jumlah 2.385 kamar dan 3.571 tempat tidur. Saat ini ada tambahan hotel baru yakni Hotel eL Royale Hotel & Resort Banyuwangi (Bintang 4), progres pembangunan Hotel Aston (Bintang 3), dan Singgasana (Hotel Bintang 4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru