: WIB    --   
indikator  I  

Hotel Tangerang gandeng hotel pasarkan produk UKM

Hotel Tangerang gandeng hotel pasarkan produk UKM

TANGERANG. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang , Banten, menggandeng sejumlah hotel untuk memasarkan produk industri kecil dan menengah setempat. Ke depan semua hotel berbintang di Tangerang akan memajang produk unggulan dengan harapan pengusaha IKM mendapat keuntungan.

"Sudah ada pengelola hotel yang bersedia, mereka memajang dekat lobi agar dapat diketahui tamu," kata Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tangerang Slamet Isbianto di Tangerang, Jumat.

Nantinya, pengelola hotel diharapkan memasang produk tertentu di dalam hotel seperti batik khas Tangerang maupun kerajinan bambu. Upaya pemasaran bagi IKM sangat diperlukan karena selama ini hanya mengandalkan penjualan dari pintu ke pintu rumah penduduk.

Menurut dia, bila hasil produk berupa kerajinan maupun makanan ditampilkan di hotel tentu dapat diketahui para tamu lokal ataupun mancanegara. Hal tersebut sesuai anjuran pemerintah bahwa pengusaha diwajibkan memajukan IKM karena selama ini mereka mengalami kendala pemasaran maupun permodalan.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Mad Romli mendukung program ini. Selanjutnya, ia berharap Pemkab Tangerang mengatasi masalah permodalan UKM.

Mad Romli mengatakan sosialisasi pinjaman bergulir kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) harus gencar dilakukan, supaya diketahui dan mereka banyak mengajukan kredit. Masalah itu karena banyak pelaku UKM yang belum mengetahui harus kemana soal pinjaman dengan bunga ringan.

Dia mengatakan saat ini telah dibentuk Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) Kabupaten Tangerang dengan memberikan pinjaman kepada pelaku UMK.

Namun dana pinjaman itu berasal dari APBD setempat dan tujuannya agar pelaku UMK berkembang dan perekonomian warga menjadi sehat. Pelaku usaha dapat meminjam mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 50 juta dengan bunga 4% per tahun.


SUMBER : Antara
Editor Adi Wikanto

USAHA IKM

Feedback   ↑ x
Close [X]