Ini pendapat netizen tentang debat cagub semalam

Sabtu, 14 Januari 2017 | 15:55 WIB   Reporter: Agus Triyono
Ini pendapat netizen tentang debat cagub semalam


JAKARTA. Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI nomor tiga, Anies Baswedan- Sandiaga Uno menjadi pasangan terbanyak yang mendapatkan penilaian negatif dari penduduk dunia maya atawa netizen. Berdasarkan hasil pantauan PoliticaWave, lembaga yang mengamati percakapan netizen terkait acara debat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Jumat (13/1) malam, dari total 17.175 percakapan di dunia maya yang memperbincangkan calon tersebut, 67% di antaranya berisi percakapan negatif tentang mereka.

Yose Rizal, Pendiri dan CEO Media Wave Group mengatakan, selain catatan tersebut, pihaknya juga mencatat, di dunia maya, pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)- Djarot Saiful Hidayat menjadi calon yang paling banyak dipercakapkan. Jumlah percakapan tentang mereka mencapai 23.441, sementara itu untuk Anies- Sandi dan Agus- Sylvi, jumlahnya hanya 17.175 dan 4.112.

Dari sisi pandangan masyarakat dunia maya, lembaga tersebut juga mencatat tanggapan berbeda- beda atas setiap pasangan calon dalam debat Jumat malam kemarin. Untuk sesi pertama misalnya, banyak netizen yang memperbincangkan pasangan Ahok- Djarot memandang positif debat Ahok.

Mereka menilai Ahok lebih mengedepankan data dalam pemaparan visi-misi nya. "Untuk Anies, respon positif disampaikan terkait gaya penyampaian yang lebih santai, sementara untuk Agus, netizen cukup apresiasi program yang disampaikan," katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Sabtu (14/1).

Respon positif terhadap Ahok- Djarot juga diberikan netizen pada debat sesi kedua. Netizen memandang positif program Ahok- Djarot tentang reformasi bersih. "Pada sesi ini, Agus juga mendapat respon negatif, ada sindiran terhada gaya bicara agus yang dinilai seperti membaca teks," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru