Ini tiga calon pendamping Ridwan Kamil

Sabtu, 11 November 2017 | 17:41 WIB Sumber: Kompas.com
Ini tiga calon pendamping Ridwan Kamil


PILGUB JABAR - KARAWANG. Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sudah ada tiga nama yang disodorkan untuk menjadi pendampingnya di Pilkada Jabar 2018.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyebutkan, tiga nama dimaksud adalah Uu Ruzhanul Ulum (Bupati Tasikmalaya/kader PPP), Daniel Muttaqien (kader Golkar), dan Syaiful Huda (ketua DPW PKB Jabar).

"Kami sedang memusyawarahkan karena Partai Golkar mengajukan nama, PPP juga ingin wakilnya, dan PKB juga mengajukan nama, kecuali Nasdem ya. Nanti kalau sudah ada kabar pasti, tentulah akan membuat pernyataan kepada media dengan cara sebaik-baiknya," kata Emil seusai menghadiri perayaan HUT ke-6 Partai Nasdem di Tugu Proklamasi, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (11/11).

Emil mengaku tidak mempunyai masalah jika disandingkan dengan siapapun selama disepakati oleh koalisi. Asalkan, katanya, mempunyai nilai kepemimpinan dan elektabilitas.

"Siapapun mereka, saya terbiasa untuk selalu beradaptasi. Dengan wakil wali kota (Bandung) saya dulu tidak kenal. Kenalan sebelum pilkada, kemudian beradaptasi dan cocok," ucapnya.

Ia mengaku tidak mau mencampuri dapur partai manapun, termasuk Partai Golkar. Hanya saja, ia meyakini partai memiliki pertimbangan tersendiri dalam mengambil keputusan.

Selain itu, Ridwan Kamil mengaku belum sempat bertemu dengan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi. Namun ia mengaku telah bertemu dengan Sekjen DPD Partai Golkar Jabar dan ketua-ketua DPD kabupaten yang sudah menyatakan dukungan.

"Lewat sekjennya saya sampaikan, karena Pak Dedi-nya sibuk, belum sempat ketemu. Nanti di waktu yang memungkinkan, akan mendiskusikan dengan cara yang lebih baik," katanya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustofa menyatakan, calon pendamping Ridwan Kamil juga bisa berasal dari luar partai koalisi, seperti akademisi dan kalangan profesional.

Menurutnya, siapapun boleh menjadi wakil Ridwan Kamil, asalkan tidak memaksakan kehendak. "Jangan paksakan Kang Emil harus A calon wakilnya, kalau enggak saya narik dukungan. Itu jangan," katanya. (Farida Farhan)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Tiga Nama Calon Pendamping Ridwan Kamil

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru