: WIB    --   
indikator  I  

Inilah kawasan Embarkasi Haji perdana Indonesia

Inilah kawasan Embarkasi Haji perdana Indonesia

PALEMBANG. Indonesia sudah memiliki kawasan terpadu Embarkasi Haji pertama. Tempat yang berlokasi di Palembang ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (8/8).

Sebagai informasi, pembangunan kawasan terpadu itu sudah dimulai sejak 17 Mei 2014. Tujuan pembangunan adalah menjadi tempat bagi calon jemaah haji dan umroh di Sumsel untuk manasik sebelum menjalankan ibadah haji di tanah suci.

Saat ini, kawasan terpadu itu sudah dilengkapi ka’bah dengan skala ukuran sebenarnya, lintasan sa’i, tempat latihan melempar jumroh, mock-up pesawat. Menyusul pembangunan Museum Islam, dan hotel syariah.

Khusus untuk mock-up pesawat, ialah penerbangan jenis Airbus 320. Nantinya, para jemaah dapat belajar dalam menggunakan kamar kecil di dalam pesawat mengingat jarak dari Indonesia menuju Mekah sangat panjang.

Museum Islam dilatarbelakangi acara Islamic Solidarity Games 2013 yang diselenggarakan di provinsi tersebut.

Keberhasilan acara itu membuat Sumsel mendapatkan hadiah dari Raja Arab Saudi. Rencananya, museum tersebut dilengkapi perabotan langsung dari Arab Saudi.

Nantinya, museum akan digunakan untuk memperdalam pengetahuan  sekaligus melihat sejarah Islam.

"(Museum) akan dibangun tahun ini di sekitar Asrama Haji. Adapun Museum Sejarah Islam pertama (ada) di Mekah. Nah yang kedua (ini) ada di Palembang,” ujar Alex.

Untuk lintasan sa’i antara Bukit Safa dan Marwa sepanjang 450 meter dibuat seperti suasana lintasan sebenarnya. Interiornya pun menyerupai seperti yang ada di komplek Masjidil Haram. (Sri Noviyanti)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Resmi, Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Pertama di Indonesia

 


SUMBER : Kompas.com
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

HAJI

Feedback   ↑ x
Close [X]