Iriawan: Apa mungkin saya coreng muka sendiri di depan rakyat Jabar?

Selasa, 19 Juni 2018 | 12:10 WIB Sumber: Kompas.com
Iriawan: Apa mungkin saya coreng muka sendiri di depan rakyat Jabar?


PILKADA - JAKARTA. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Senin (18/6). Dengan jabatan barunya itu, Iriawan mengaku tidak akan menyalahgunakan kekuasaan yang diembannya.

Menurut Iriawan, kariernya selama ini di kepolisian tidak akan dikorbankan. Ia menyatakan bakal netral dalam Pilkada Jabar 2018.

"Saya sudah berdinas di Polri sejak 1984 dan sekarang saya hampir di penghujung karier saya. Apa mungkin saya mau mengorbankan atau menghancurkan karier saya di Polri yang sudah dengan susah payah saya titi selama hampir 34 tahun," kata Iriawan dalam keterangan tertulis di laman Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (19/6).

"Sebagai putra daerah (Kuningan, Jabar) apa mungkin saya mencoreng muka saya sendiri di depan para sesepuh Jabar, dan rakyat Jabar?" imbuhnya.

Iriawan mengaku berjanji akan memegang teguh apa yang dipesankan Mendagri; melayani masyarakat sebaik mungkin, menyukseskan Pilkada dan menjaga netralitas aparatur di Jabar.

"Bagaimana caranya saya tidak netral? Apakah dengan cara saya menggerakan komponen yang ada di Jabar untuk memenangkan salah satu pasangan calon tertentu? Kalau itu saya lakukan, pasti akan bocor dan ramai. Sangat besar risikonya untuk jabatan dan karier saya," kata Iriawan.

Sebelum dilantik jadi penjabat gubernur, Iriawan menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Iriawan akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jabar sampai gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada dilantik.

"Saya ditunjuk dan diangkat sebagai penjabat gubernur tentu sudah sesuai perundangan dan ketentuan yang berlaku. Saya juga mengharapkan dukungan dan masukan dari para sesepuh Jabar. Saya kan putera daerah, sudah sepantasnya saya menghormati para sesepuh Jabar," sebut Iriawan. (Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Iriawan: Sebagai Putra Daerah, Apa Mungkin Saya Coreng Muka Sendiri?


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru