Jakarta Marathon, sejumlah gerbong tol ditutup

Sabtu, 22 Oktober 2016 | 09:48 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarta Marathon, sejumlah gerbong tol ditutup


JAKARTA. Kegiatan Jakarta Marathon 2016 akan diselenggarakan pada Minggu (23/10) pagi mulai dari pukul 05.00 hingga pukul 12.00 WIB. Rencananya, sejumlah gerbang Tol Dalam Kota akan ditutup sewaktu penyelenggaraan acara tersebut.

"Rekayasa lalu lintas titik alih arus akan dilaksanakan di Semanggi, Beos, Monas, Rasuna Said dan Kuningan dan buka tutup di beberapa Gerbang Tol," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/10).

Budiyanto menambahkan, gerbang tol yang akan ditutup dari arah Cawang menuju ke Grogol yakni Gerbang Tol Kuningan Barat, pintu keluar Semanggi dan Gerbang Tol Senayan.

Adapun Gerbang Tol yang akan ditutup dari arah Grogol menuju ke Cawang yakni, pintu keluar Tol Semanggi, Gerbang Tol Semanggi I dan Gerbang Tol Semanggi II.

Budiyanto menuturkan, kegiatan lari ini akan diikuti para atlet dari Indonesia dan juga atlet mancanegara.

Untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas akan dilakukan pengaturan, patroli dan pengamanan oleh petugas kepolisian.

"Kami melibatkan petugas lalu lintas sebanyak 198 personel dan diperkuat dengan petugas rutin dan bersinergi dengan petugas internal dari panitia lomba," ucapnya.

Rute kegiatan ini dibagi menjadi empat etape, mulai dari etape 5 kilometer, etape 10 kilometer, etape 21 kilometer hingga etape 42 kilometer.

Adapun rute dalam Jakarta Marathon 2016 sebagai berikut:

Rute atau Etape 5 kilometer:

Start Silang Monas Barat Daya - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - putaran balik Jalan Majapahit - Medan Merdeka Barat - finish Silang Monas Barat Daya.

Rute atau Etape 10 kilometer:

Start Silang Monas Barat Daya - Medan Merdeka Barat - Bunderan air mancur - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Jalan Gajah Mada - putar balik depan Lindeteves - Jalan Hayam Wuruk - Jalan Majapahit - Medan Merdeka Barat - finish Silang Monas Barat Daya.

Rute atau Etape 21 kilometer:

Start Silang Monas Barat Daya - Bundaran air mancur - ke kiri Jalan Budi Kemuliaan -Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Harmoni- Jalan Gajah Mada - Jalan Pintu Besar Selatan - Jalan Pintu Besar Utara - ke kiri ke Jalan Bank - Jalan Malaka- ke kanan ke Jalan Malaka 2 -tiang bendera 5 - ke kanan tiang bendera - ke kanan Jalan Kali Besar Barat - ke kiri Jalan Kali Besar Timur 3 - ke kanan Jalan Kemukus - ke Jalan Ketumbar -Jalan Lada - Jalan Beos - Jalan Hayam Wuruk - ke kiri ke Jalan Juanda - ke Jalan Pos - ke kanan ke Jalan Gedung Kesenian - ke kanan Jalan Lapangan Banteng Utara - Jalan Katedral - Jalan Veteran - ke kiri Jalan Majapahit - ke Medan Merdeka Barat - Bundaran air mancur - Jalan MH Thamrin - putar balik depan Hotel Mandarin - Jalan MH Thamrin - Bundaran air mancur - Jalan Medan Merdeka Barat dan finish di Silang Monas Barat Daya.

Rute atau Etape 42 kilometer:

Start Silang Monas Barat Daya - Bundaran air mancur - ke kiri Jalan Budi Kemuliaan -Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Harmoni- Jalan Gajah Mada - Jalan Pintu Besar Selatan - Jalan Pintu Besar Utara - ke kiri ke Jalan Bank - Jalan Malaka- ke kanan ke Jalan Malaka 2 -tiang bendera 5 - ke kanan tiang bendera - ke kanan Jalan Kali Besar Barat - ke kiri Jalan Kali Besar Timur 3 - ke kanan Jalan Kemukus - ke Jalan Ketumbar -Jalan Lada - Jalan Beos - Jalan Hayam Wuruk - ke kiri ke Jalan Juanda - ke Jalan Pos - ke kanan ke Jalan Gedung Kesenian - ke kanan Jalan Lapangan Banteng Utara - Jalan Katedral - Jalan Veteran - ke kiri Jalan Majapahit - ke Medan Merdeka Barat - Bundaran air mancur -Jalan Imam Bonjol - Jalan Hos Cokroaminoto - putar arah di putaran Menteng - kiri ke Rasuna Said - masuk TL Kuningan kanan - Jalan Gatot Subroto - Semanggi lurus - sekat dua kiri - Jalan Gerbang Pemuda - TL Lapangan Tembak putar arah - Jalan Gerbang Pemuda - Naik tanjakan farmasi - Jalan Gatot Subroto - TL Kuningan ke kiri - Jalan Rasuna Said - TL Hos Cokroaminoto ke kiri - Jalan Imam Bonjol - Bunderan HI ke kanan - Jalan MH Thamrin - Jalan Medan Merdeka Barat dan finish di Silang Monas Barat Daya.
(Akhdi Martin Pratama)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru