Jokowi minta masyarakat Papua memaafkan pihak yang buat tersinggung

Selasa, 20 Agustus 2019 | 06:10 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Jokowi minta masyarakat Papua memaafkan pihak yang buat tersinggung

ILUSTRASI. AKSI MASSA DI JAYAPURA (19/8/2019).


PAPUA - JAKARTA. Presiden Joko Widodo angkat bicara soal kerusuhan di Manokwari, Papua. Jokowi meminta agar masyarakat Papua memaafkan pihak-pihak yang telah membuat mereka tersinggung terkait insiden yang terjadi di Surabaya dan Malang.

"Jadi, saudara-saudaraku. Pace, mace, mama-mama di Papua, di Papua Barat, saya tahu ada ketersinggungan. Oleh sebab itu, sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air, yang paling baik adalah saling memaafkan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8).

Jokowi menegaskan, pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat. "Emosi itu boleh, tetapi memaafkan itu lebih baik. Sabar itu juga lebih baik," ucap Jokowi lagi.

Baca Juga: Ini pernyataan lengkap wali kota Malang dan kronologi kericuhan Manokwari

Namun, saat ditanya terkait proses hukum terhadap pihak-pihak yang telah memicu kemarahan masyarakat Papua, Jokowi enggan berkomentar lebih jauh. "Ya, cukup," kata Jokowi.

Sebelumnya, kerusuhan pecah di Manokwari, Senin (19/8), yang memicu pembakaran gedung DPRD Papua Barat. Kerusuhan terjadi buntut dari aksi protes massa terhadap dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: Manokwari rusuh! Massa bakar gedung DPRD Papua Barat

Selain gedung DPRD, massa membakar sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak hanya itu, massa juga melakukan pelemparan terhadap Kapolda Papua Barat dan Pangdam XVIII/Kasuari, yang datang untuk menenangkan massa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Minta Masyarakat Papua Maafkan Pihak yang Buat Mereka Tersinggung"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru