Jokowi minta tiket kapal tol laut disubsidi

Selasa, 05 April 2016 | 15:47 WIB Sumber: Antara
Jokowi minta tiket kapal tol laut disubsidi


TELUK WONDAMA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Wasior di Teluk Wondama, Kabupaten Wasior, Papua Barat, Selasa (5/4) siang. Pada kesempatan itu, Jokowi meminta agar tiket kapal-kapal yang melintasi rute tol laut disubsidi sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa menggunakannya.

"Tiket jangan mahal-mahal, tiketnya disubsidi saja agar semua masyarakat bisa menggunakan," kata Jokowi.

Presiden menyebutkan, konektivitas di antaranya melalui tol laut ini, akan mempersatukan masyarakat di Tanah Air.  Hal itu jugalah, sebut dia, yang menjadi alasan utama pelabuhan dibangun di titik-titik terluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi masyarakat di Aceh bisa naik kapal ke Jawa, Sulawesi, Maluku langsung kalau mau ke Wasior ya ke Wasior. Yang dari sini juga sama, dari sini mau naik kapal ke Sumatera juga bisa, dari sini ke Maluku, ke Jawa, lalu Sumatera," katanya kepada masyarakat Teluk Wondama.

Ia mengatakan tahun lalu sudah ada tiga rute kapal tol laut, di antaranya melewati Wasior. Tahun ini bertambah menjadi enam rute, dengan jadwal yang pasti.

Selain itu, ia menambahkan tahun ini 27 pelabuhan laut berupa proyek pembangunan baru maupun ekspansi, selesai dibangun.

"Dan kita harapkan akhir tahun tambah lagi 68-an pelabuhan laut lagi. Ini tidak hanya di Papua, tapi juga di Maluku, NTT, beberapa di Sulawesi," katanya.

Presiden juga berharap konektivitas yang tersambung tidak sekadar untuk penumpang tapi juga mempermudah angkutan barang.

Konektivitas juga memungkinkan harga barang di satu tempat dengan tempat yang lain bisa sama atau tidak terpaut jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru