Jumlah pelanggar aturan ganjil-genap diklaim menurun

Senin, 06 Agustus 2018 | 15:44 WIB   Reporter: kompas.com
Jumlah pelanggar aturan ganjil-genap diklaim menurun

ILUSTRASI. UJI COBA PERLUASAN GANJIL GENAP


KEBIJAKAN PELAT GANJIL GENAP - JAKARTA. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, berdasarkan data dari personelnya di lapangan, jumlah pelanggar pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor pelat ganjil dan genap menurun dari hari ke hari. 

"Alhamdulilah, jumlah pelanggar ganjil-genap kian menurun. Kemarin (5/8) tercatat ada 754 pelanggar," kata Budiyanto ketika dihubungi Kompas.com, Senin (6/8). 

Menurut Budiyanto, jumlah itu menurun jika dibandingkan dengan jumlah pelanggar hari sebelumnya yang mencapai 1.041 pelanggar. 

Hal yang sama diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. Ia yakin masyarakat kian hari kian memahami tujuan kebijakan perluasan ganjil genap itu. "Ini kan jelang Asian Games ya. Sosialisasi juga sudah kami lakukan sebulan sebelum penerapan. Tapi saya prediksi semakin hari jumlah pelanggaran semakin berkurang," ujar dia. 

Perluasan ganjil-genap dilakukan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas jelang dan saat penyelenggaraan Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Uji coba perluasan sistem ganjil-ganjil di Jakarta dan sekitarnya dimulai pada 2 hingga 31 Juli ini. 

Aturan itu akan secara resmi diberlakukan pada 1 Agustus 2018. Sistem itu akan diterapkan Senin hingga Minggu dimulai pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB. Itu artinya sistem tersebut akan diberlakukan selama 15 jam setiap hari. (Sherly Puspita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alhamdullilah, Jumlah Pelanggar Ganjil-Genap Menurun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru