: WIB    —   
indikator  I  

Kadin titip 9 pekerjaan rumah ke Anies-Sandi

Kadin titip 9 pekerjaan rumah ke Anies-Sandi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dunia usaha di Jakarta memiliki harapan besar terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru Anis Baswedan dan Sandiaga S Uno yang akan dilantik pada 16 Oktober 2017 nanti.

Sebagai pemimpin ibu kota , Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta yang lebih baik dengan berbagai terobosan dan inovasi.

Sarman Simanjorang, Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta mengatakan, pasangan Anis-Sandi sebagai pemimpin DKI Jakarta yang baru mempunyai berbagai tugas yang perlu dikerjakan.

Pertama, Mall Pelayan Publik yang baru saja diresmikan sebagai inovasi dari Dinas Investasi dan PTSP (pelayanan terpadu satu pintu) agar lebih ditingkatkan kualitas pelayanan perizinan sehingga dunia usaha semakin mudah dalam mengurus dan mendapatkan berbagai perizinan yang dibutuhkan.

Kedua, memberikan kesempatan yang kepada seluruh pelaku usaha untuk turut serta berpartisipasi dalam berbagai proyek pembangunan di DKI Jakarta baik untuk pengusaha skala besar, menengah dan kecil.

Lelang konsolidasi yang selama dua tahun ini diberlakukan sehingga ribuan pelaku UKM yang selama ini menjadi rekanan Pemprov tidak lagi mendapat kesempatan mendapat pekerjaan agar ditinjau kembali.

Ketiga, dalam penyusunan dan pembahasan berbagai kebijakan di bidang ekonomi seperti Peratura Daerah (Perda) ataupun Peraturan Gubernur (Pergub) dapat melibatkan perwakilan dunia usaha seperti Kadin.

Keempat, melanjutkan berbagai program pembangunan yang selama ini telah dilaksanakan serta meningkatkan kualitasnya. Seperti reformasi birokrasi yang berbasis pelayanan, Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Sehat, pembangunan infrastruktur transportasi, dan penanggulangan banjir

Kelima, di bidang investasi agar pemprov DKI Jakarta dapat menyusun road map peluang peluang investasi yang masih terbuka di DKI Jakarta. Di tengah keterbatasan lahan ia bilang, diperlukan data-data di sektor mana saja yang masih terbuka peluang untuk calon investor yang akan masuk baik untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Keenam, di tengah persaingan pasar kerja yang semakin kompetitif sangat dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi dan produktivitas yang berdaya saing sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Pemerintah DKI Jakarta melalui SKPD terkait diharapkan meningkatkan kualitas kurikulum di Balai Latihan Kerja (BLK).

Ketujuh, Pergub No.244 tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Reklame di Ibu Kota yang sudah lama diharapkan segera di revisi sehingga pasar reklame bergairah kembali.

Kedelapan, UMKM di Jakarta harus diberikan pendampingan dan pelatihan sehingga para pengusaha kecil di Jakarta secara pelan-pelan harus digiring untuk memasuki perdagangan berbasis on line sehingga dapat mengikuti trend yang ada.

Kesembilan, Asian Games 2018 Jakarta- Palembang bisa dijadikan momentum bagi UMKM Jakarta untuk berpartisipasi dengan memberikan kesempatan kepada UMKM membuat berbagai souvenir Asian Games untuk dijual selama Asian Games 2018.

"Atas nama pelaku usaha kami mengucapkan selamat bertugas kepada Gubernur baru Jakarta Anis Baswedan dan Wagub Sandiaga S Uno. Dan terima kasih kepada Pak Jokowi setelah sempat menjabat selama dua tahun, kepada Pak Basuki Tjahaja Purnama dan kepada pak Djarot Saiful Hidayat yang juga berperan membangun kota Jakarta," kata Sarman pada keterangan tertulisnya, Kamis (12/10).


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Yudho Winarto

ANIES BASWEDAN

Feedback   ↑ x
Close [X]