Kalimantan Selatan siapkan 300.000 hektare lahan untuk jadi ibu kota baru

Senin, 15 Juli 2019 | 22:15 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kalimantan Selatan siapkan 300.000 hektare lahan untuk jadi ibu kota baru


PEMINDAHAN IBU KOTA - BANJARMASIN.  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan 300.000 hektare lahan sebagai lokasi Ibu Kota baru. Jika terpilih sebagai Ibu Kota, lahan tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur pendukung.

"Beberapa waktu yang lalu, Bapak Presiden Jokowi berkunjung ke Kalsel, tepatnya ke Tanah Bumbu. Nah, di sana Pak Presiden bertanya, adakah tanah 300,000 hektare? Karena Kalsel dipersiapkan sebagai salah satu alternatif Ibu Kota baru, dengan tegas saya katakan ada. Kalsel bisa siapkan,” ujar Gubernur Kalsel Syahbirin Noor, saat pemaparannya dalam kegiatan Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara Baru, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (15/7).

Baca Juga: Membaca potensi menteri yang bertahan dan tersingkir dari kabinet Jokowi

Dari seluruh aspek yang dijadikan kajian Kementerian PPN/Bappenas, Kalsel termasuk yang paling strategis. Dari tiga provinsi yang digadang-gadang menjadi Ibu Kota baru, secara geografis Kalsel paling tepat karena berada di tengah-tengah Pulau Kalimantan.

Selain tersedianya lahan, Kalsel juga memiliki infrastruktur. Salah satunya Bandara Internasional Syamsuddin Noor yang saat ini tengah digenjot pembangunannya, serta empat bandara pendukung yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Baca Juga: PUPR: Tanggul laut Jakarta bakal jadi Tol Bekasi-Banten

"Kita berharap memenuhi semua kriteria-kriteria yang menjadi standar dan penilaian dari para pengambil kebijakan. Kita pun berupaya semaksimal mungkin menyiapkan seluruh kebutuhan untuk menjadi Ibu Kota Negara," ujarnya.

Kepala Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementrian PPN/Bappenas, Rudy S Prawiradinata mengatakan, banyak aspek yang akan menjadi penilaian untuk ditunjuk menjadi Ibu Kota baru. Salah satunya aspek sosial budaya, dimana nantinya diperkirakan akan ada eksodus aparatur sipil negara (ASN).

Baca Juga: Pemerintah Indonesia dan China bahas kerja sama peluncuran satelit

"Dari sisi sosial budaya, Pak Gubernur tadi sudah menyebutkan, ini sebenarnya sangat penting, karena apa? Kebayang enggak ASN akan pindah sebanyak 870.000 orang. Inikan menyangkut aspek sosial budaya," jelasnya. Rudy, menambahkan, di antara tiga provinsi ini semuanya berpeluang, tinggal menunggu keputusan dari Presiden Jokowi. (Andi Muhammad Haswar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kalsel Siapkan 300.000 Hektare Lahan untuk Jadi Ibu Kota Baru"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru