Kemhub luncurkan angkot ber-AC di Bekasi

Senin, 15 Mei 2017 | 21:46 WIB Sumber: Kompas.com
Kemhub luncurkan angkot ber-AC di Bekasi


JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) meluncurkan angkutan kota (angkot) dengan fasilitas AC di Kota Bekasi, Senin (15/5). Peluncuran angkot ber-AC ini untuk meningkatkan pelayanan dan menjawab kebutuhan masyarakat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Pudji Hartanto mengatakan, perkembangan usaha angkutan umum dapat dilihat dari pergeseran pola pengeluaran masyarakat saat ini, yaitu dari ability to pay (ATP) menjadi willingness to pay.

Artinya, masyarakat lebih mempertimbangkan pelayanan daripada biaya yang dikeluarkan. Perubahan tersebut mencerminkan kebutuhan masyarakat akan komitmen pelayanan perusahaan angkutan umum yang memenuhi standar pelayanan minimal.

"Standar pelayanan minimal meliputi keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan," ujar Pudji dalam keterangan, Senin (15/5).

Standar tersebut sebagaimana arahan Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 29 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.

Pudji menjelaskan, Peraturan Menteri menyebutkan, paling lambat pada tahun 2018, seluruh angkutan umum wajib menggunakan AC dengan temperature 20-25 derajat celcius. Adapun, satu angkot trayek 02 rute Pondok Gede-Bekasi, menjadi pilot project sebelum diaplikasikan pada semua angkot.

Pudji sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi bekerja sama dengan perusahaan angkutan yang berada di Kota Bekasi dalam memenuhi ketentuan operasional angkutan umum. Menurutnya, dengan meluncurkan angkutan perkotaan (angkot) ber-AC ini, dapat menjawab kebutuhan masyarakat Kota Bekasi akan pelayanan angkutan perkotaan yang memenuhi standar pelayanan minimal.

Pudji berharap, dengan peluncuran angkot ber-AC akan terjadi pergerseran menggunakan angkutan umum yang pada akhirnya akan dapat mengurangi kemacetan dan menurunkan tingkat polusi udara di wilayah Bekasi pada khususnya.

"Semoga melalui kegiatan peluncuran angkutan kota ber-AC di Kota Bekasi ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh Pemerintah Daerah lainnya untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum kepada masyarakat, serta menjadi pelopor dalam pembinaan angkutan umum di Indonesia," pungkasnya.

(Achmad Fauzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru