KH Hasyim Asyari diabadikan jadi nama Masjid Raya

Rabu, 22 Maret 2017 | 20:37 WIB Sumber: Kompas.com
KH Hasyim Asyari diabadikan jadi nama Masjid Raya


JAKARTA. Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan dua, Djarot Saiful Hidayat, menyambangi kediaman KH Salahudin Wahid atau Gus Sholah di Jalan Bangka, Pela Mampang, Rabu (22/3). Usai pertemuan tertutup yang berlangsung sekitar 40 menit, Djarot mengatakan dia sudah meminta izin untuk menggunakan nama KH Hasyim Asyari bagi masjid raya pertama di Jakarta.

"Intinya adalah mohon doa restu dan mohon izin karena kami akan menggunakan nama Kyai Haji Hasyim Asyari sebagai nama masjid raya yang sebentar lagi akan diresmikan oleh Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo)," kata Djarot.

Masjid raya yang dimaksud Djarot itu berlokasi di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat. Masjid itu merupakan masjid raya pertama yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Rencananya, masjid tersebut akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada April mendatang.

Djarot mengatakan Gus Sholah mengizinkan nama kakeknya digunakan untuk nama masjid raya itu.

"Alhamdulilah beliau memberikan izin untuk menggunakan nama kakek beliau sebagai (nama) masjid raya di Jakarta Barat," kata Djarot.

Bahkan, kata Djarot, Gus Sholah mengusulkan bukan hanya nama KH Hasyim Asyari saja yang diabadikan sebagai nama masjid. Banyak tokoh-tokoh Islam lain yang harus diapresiasi salah satunya KH Ahmad Dahlan.

"Makanya saya sampaikan nanti masjid raya di Jakarta Selatan atau di Jakarta Timur itu salah satunya diberi nama masjid raya KH Ahmad Dahlan. Satu lagi beliau tadi usul Tjokroaminoto. Itulah pendekar-pendekar, pejuang kita," kata Djarot. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru