Kolong tol Kalijodo harus bersih sebelum Lebaran

Selasa, 13 Juni 2017 | 17:02 WIB Sumber: TribunNews.com
Kolong tol Kalijodo harus bersih sebelum Lebaran


JAKARTA. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menegaskan, bangunan liar di kolong tol kawasan Kalijodo, Jakarta Utara harus bersih sebelum Lebaran 2017.

Mantan Wali Kota Blitar ini berharap setelah penertiban, kolong tol segera dipagari agar tidak digunakan kembali sebagai tempat tinggal.

"Sebelum Lebaran bersih. Prinsipnya adalah sebelum Lebaran harus bersih dan segera dipagar kemudian kasih taman Kalau perlu tempat parkir," kata Djarot di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

Diketahui, puluhan bangunan semi permanen berdiri di kolong tol Prof Sedyatmo di Jalan Kepanduan I. Selain sebagai tempat tinggal, bangunan liar ternyata juga digunakan sebagai tempat hiburan malam.

Djarot merasa heran dengan adanya pasokan listrik ke pemukiman ilegal tersebut. Untuk itu, dia meminta pihak PLN untuk memutus aliran listrik ke bangunan tersebut. "Putus dong. Enggak usah suratin (PLN) harus tahu sendiri. Kemudian itu masuk Bina Marga kok bisa ya? Makanya saya bilang kasus seperti ini saya sampaikan ke wali kota, camat, lurah. Kalau ada kolong tol seperti ini, minta izin kepada Bina Marga kita manfaatkan kita bikin taman," ucapnya.

Sebelumnya, Jumat (2/6), Satpol PP sudah berupaya untuk menertibkan tempat tersebut. Namun penertiban urung dilakukan setelah petugas di lapangan mendapatkan perlawanan dari penghuni. Penghuni mempersiapkan diri dengan senjata tajam untuk melawan petugas. Karena menilai situasi tidak kondusif maka Satpol PP memutuskan untuk menunda penertiban. (Wahyu Aji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru