Kota Bandung segera punya Bandung Technopolis

Jumat, 27 Februari 2015 | 10:43 WIB   Reporter: Asep Munazat Zatnika
Kota Bandung segera punya Bandung Technopolis

ILUSTRASI. Poster Hari Palang Merah Internasional 2023.


JAKARTA. Pemerintah kota Bandung akan membangun kawasan ekonomi khusus industri berbasis teknologi. Kawasan ini bernama Bandung Tecnopolis yang terletak di daerah Bandung Timur, daerah Gede Bage. Di dalam kawasan ini juga ada pusat riset teknologi Institut Teknologi Bandung (ITB), sehingga akan ada interaksi antara industri dan perguruan tinggi.

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengklaim sudah membicarakan rencana ini dengan presiden Joko Widodo (Jokowi). Ridwan meminta pemerintah pusat ikut membantu pembangunan  proyek senilai Rp 1 triliun.

Keterlibatan pemerintah dibutuhkan karena proyek ini akan memberikan efek ganda bagi perekonomian nasional. Sebab, kawasan seluas 800 hektare ini nantinya akan menjadi pusat aktifitas utama industri teknologi. "Kita rencanakan, semua perusahaan teknologi akan berkantor di sini, saling berdampingan," ujar pria yang disapa Emil ini, Kamis (27/2) di Istana Bogor.

Bandung Tecnopolis meniru Silicon Valley di Amerika Serikat atau Cyber Park di Singapura. Total anggaran untuk seluruh infrastruktur proyek mencapai Rp 100 triliun. Pembangunan dimulai April 2015 dan selesai pada 2025.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru