Kota Industri Baru akan dibangun di Padang

Senin, 21 September 2015 | 21:44 WIB Sumber: Antara
Kota Industri Baru akan dibangun di Padang


PADANG. Kabupaten Padang Pariaman, Padang, akan dibangun menjadi kawasan industri. Kementerian Perindustrian akan membangun kawasan ini dengan konsep industri baru. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar Mudrika di Padang, Senin (21/9), mengatakan pembangunan kota perindustrian baru merupakan program pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemprov Sumbar.

"Kalau Padang Industrial Park (PIP) itu sudah gagal. Sudah tidak ada lagi kelanjutan pembangunannya karena tidak disetujui pusat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Yang disetujui hanya di Sei Mengkei, Sumatera Utara," katanya didampingi Kepala Bidang Industri Disperindag Sumbar Irsat.

Kota Industri Baru bakal dibangun di atas lahan seluas 3.000 hektare. Pembangunannya melibatkan tiga kecamatan antara lain Kecamatan Lubuk Alung, Parik Malintang dan 2x11 Enam Lingkung. Sedangkan pembangunannya ditargetkan pada 2020.

Ia menjelaskan, saat ini program tersebut telah memasuki tahap penyelesaian masterplan (rencana induk). Pembangunan yang ditargetkan selesai pada 2016 dengan biaya Rp 1,2 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2015.

Sesuai dengan perencanaan, kawasan industri yang baru nantinya bakal difokuskan pada pengembangan industri informasi dan teknologi. Hal itu mengingat posisinya yang dekat dengan akses masuk Sumatera Barat seperti bandara dan pelabuhan.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan sosialisasi pembangunannya di kabupaten setempat. Sebab, beberapa waktu lalu, mereka telah meminta kami menyosialisasikannya," ujarnya. (Eko Fajri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru